Angkasa Pura 2

Anjing Pelacak Spesial Bahan Peledak Ikut Amankan Car Free Day Dan Jalan Sehat Kemenhub 2016

Aksi Polisi KoridorMinggu, 25 September 2016
Anjing Jihandak1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sat Brimob Polda Metro Jaya siaga dengan anjik pelacak spesialis bahan peledak pada acara Car Free Day, Minggu (25/9/2016).

Acara bebas kendaraan bermotor di Jalan Merdeka Barat-MH Thamrinm-Bundaran HI itu dimeriahkan ribuan pegawai Kementerian Perhubungan dan keluarganya. Mereka membaur dalam acara jalan sehat bersama warga Jakarta dan sekitarnya itu.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satuan Brimob Polda Metro Jaya dari Kesatrian KS Tubun diturunkan lengkap dengan anjing pelacak bahan peledak.

Anjing spesialis bahan peledak itu didampingi dua pawang, masing-masing Brigadir Bobby dan Brigadir Angga. Mereka bertugas menjaga kamtibmas di Jalan MH Thamrin, tepatnya di simpang empat Depag/ BI Jakarta Pusat.

Menurut Brigadir Bobby, setiap acara Car Free Day Brimob Polda Metro Jaya ditugaskan untuk siaga dan mengamankan jalannya Car Free Day tersebut.

“Untuk hari ini kita ditugaskan berdua sampai Car Free Day selesai. Pada event lain, bisa jadi kami ditugaskan di tempat yang berbeda lagi. Sesuai perintah pimpinan, kita harus siap,” kilah Brigadir Bobby yang diiyakan koleganya Brigadir Angga itu.

Anjing Jihandak2

30 Anjing Pelacak

Brimob Polda Metro Jaya khususnya Kesatrian KS Tubun mempunyai satwa anjing pelacak sebanyak 30 ekor. Sedang pawangnya ada 50 orang.

“Setiap satu anjing pelacak, didampingi dua pawang, seperti pagi ini,” papar Bobby.

Dikatakan, anjing pelacak Polda Metro Jaya mempunyai spesialisasi berbeda, yaitu bahan peledak, narkotika, kebakaran dan SAR Umum.

“Mereka biasa diturunkan sesuai kondisi d kebutuhan di lapangan. Untuk pagi ini, cukup anjing spesialis bahan peledak,” papar Bobby.

Sementara, untuk operasi tanggap bencana seperti banjir bandang Garut Jawa Barat yang diturunkan anjing spesialis SAR Umum, untuk mendeteksi korban yang sudah meninggal atau masih hidup,” sebut Bobby.

“Satwa anjing pelacak Polda Metro Jaya selalu dijaga keandalannya. Selain itu juga pawang yang merawat dan menemani, sehingga mereka siap diturunkan k lapangan sewaktu dibutuhkan,” tegas Bobby. (helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari