Angkasa Pura 2

Alumni KALK PIP Makassar Banyak Sukses Di Pemerintah Dan BUMN

Dermaga SDMMinggu, 25 September 2016
Arifin tommy wahid

JAKARTA (Beritatrans.com) – Program Studi (Prodi) Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK) di sekolah kepelautan sering di pandang sebelah mata. Untuk mencari tempat prakrek darat (prada) pun sering kesulitan.

Tapi berbeda dengan di kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel). PIP Makassar tidak sulit mencari tempat prada bagi taruna KALK dari PIP Makassar.

“Selama ini, banyak instansi pemerintah atau swasta terutama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV di Makassar dengan senang hati menerima taruna kami untuk praktek darat,” kata Direktur PIP Makassar H.Ahmad Wahid, MT, M.Mar.E menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Minggu (25/9/2016).

Setiap tahun seluruh tahun KALK dari PIP Makassar selalu terserap dan mendapatkan space untuk prada. Bukan hanya di Makassar, tidak sedikit yang praktek di perusahaan pelayaran di Jakarta dan Surabaya.

“Para alumni KALK dari PIP Makassar juga banyak yang sudah sukses baik di pemerintah atau BUMN. Bermula dari kinerja yang baik para seniornya itu, kini banyak instansi pemeirntah dan BUMN menerima dengan tangan terbuka kehadiran taruna prada dari PIP Makassar,” jelas Wahid.

Yang penting, bagi Wahid, bagaimana menyiapkan mental dan ketrampilan taruna KALK sebaik mungkin sejak di kampus. “Saat mereka prada bisa bekerja dengan baik. Tidak sedikit yang sudah dipesan dan diminta kembali setelah lulus nanti. Itulah yang kami lakukan di PIP Makassar, mendidik dan menyiapkan taruna sebaik mungkin sejak di kampus,” kilah dia.

Masa Kejayaan Prodi KALK

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut BPSDM Perhubungan Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum mengatakan, ke depan adalah masa kejayaan prodi KALK. Makin banyak kebutuhan SDM khususnya yang ahli di bidang kepelabuhanan.

“Sejalan dengan program tol laut dan revitalisasi ratusan pelabuhan di Tanah Air, makin banyak membutuhkan alumni Prodi KALK. Ke depan, seluruh SDM perhubungan laut termasuk di pelabuhan harus professional dan tersertifikasi dengan baik oleh lembaga berwenang,” kata Arifin menjawab Beritatrans.com.

Pusbang SDM Perhubungan Laut terus meningkatkan kualitas diklat khususnya prodi KALK. Kurikulum diklat disempurnakan sesuai kebutuhan dan dinamika yang berkembang. “Saat lulus nanti, mereka dipastikan siap bekerja dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” sebut Arifin.

“Jika kembali pada aturan, maka saat ini hanya prodi KALK di sekolah-sekolah pelaut yang langsung melengkapi lulusannya dengan sertifikat kompetensi tersebut. Tak ada alas an untuk pesimis, karena lulusan prodik KALK makin banyak yang membutuhkan,” tegas Arifin.(helmi)