Angkasa Pura 2

Hari Perhubungan Nasional 2016

Pentingnya Keselamatan Transportasi Dalam Wujudkan Konektivitas

KoridorMinggu, 25 September 2016
Harhubnas_2016_Menhub

JAKARTA (beritatrans.com) – Keselamatan transportasi merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan konektivitas. Selain sarana dan prasarana, budaya keselamatan juga harus senantiasa dihadirkan. Hal itu kembali digaungkan dan ditegaskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bersamaan dengan perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada seluruh masyarakat, operator moda transportasi baik darat, kereta api, laut, maupun udara, serta kepada seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Tidak akan ada konektivitas bila keselamatan transportasi terganggu,” ungkap Menhub pada Puncak Harhubnas 2016 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/9/2016).

Menhub mengingatkan juga bahwa koordinasi dengan seluruh operator menjadi bagian yang tak kalah penting untuk sama-sama mewujudkan keselamatan transportasi.

“Bila hubungan dengan operator baik, maka dalam menyampaikan informasi juga bisa dilakukan dengan baik,” kata Menhub.

Menhub_DirjenKA_Harhubnas

Sarana dan prasarana transportasi, harus selalu memerhatikan aspek keselamatan. Tak terkecuali pada hal-hal yang dianggap sepele, namun sebetulnya bisa berdampak buruk pada keselamatan.

Menhub menyampaikan, misalnya pada kecelakaan yang terjadi belakangan ini, agar tidak ada saling menyalahkan. Namun menjadi koreksi dan perbaikan untuk selanjutnya agar terwujudnya keselamatan transportasi.

“(Pelaksanaan) Ramp check bukan berarti kurang, namun bila harus dilakukan sertifikasi, lakukan saja,” kata Menhub.

Menhub mengajak semua pihak tanpa terkecuali untuk mewujudkan transportasi berkeselamatan bersama-sama.

“Mari kita sama-sama melakukan kampanye untuk safety (keselamatan) bertransportasi,” jelas Menhub.

Sebelumnya, Menhub juga mengemukakan bahwa penggunaan angkutan umum sangat didorong. Hal itu juga kaitannya dengan peningkatan keselamatan bertransportasi.

“Untuk jarak jauh lebih baik menggunakan kereta api, bus, kapal, atau pesawat,” jelas Menhub. (omy)

loading...