Angkasa Pura 2

Persiapan Musim Hujan, AP II Optimalkan 13 Bandara Kelolaannya

BandaraMinggu, 25 September 2016
IMG_20160925_064602

JAKARTA (beritatrans.com) – Memasuki musim penghujan, peningkatan keselamatan bertransportasi harus terus dilakukan. Tidak terkecuali pada moda angkutan udara.

Menghadapi musim hujan ini, pengelola 13 bandara di wilayah barat Indonesia, PT Angkasa Pura (AP) II berupaya mengoptimalkan pelayanan dan keselamatan.

“Ya, dalam menyelenggarakan pelayanan transportasi, kita mengutamakan 3S dan 1C yakni safety, security, dan services, serta compliment,” jelas Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin kepada beritatrans.com, Minggu (25/9/2016).

Untuk itu, menurut Awaluddin, bersama-sama jajarannya di bandara, berusaha memberikan standar prosedur pelayanan terbaik di seluruh bandara yang dikelola AP II.

“Apalagi karena dampak elnino, perubahan cuaca juga menjadi tidak menentu, hal ini perlu diantisipasi dengan baik,” kata Awaluddin.

Koordinasi antar divisi termasuk komunikasi dengan petugas ATC terus diintensifkan sesuai SOP, terutama pada saat curah hujan tinggi di bandara tertentu.

“Ya, peningkatan kewaspadaan pasti dilakukan, karena bandara juga obyek vital,” kata Awaluddin.

Acuannya menurut dia sama saja pada dasarnya yakni standar operasi, namun akan lebih ditekankan, untuk lebih fokus karena efek cuaca yang mungkin juga akan lebih ekstrim dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau bandara rawan secara khusus (terhadap musim hujan) tidak ada, hanya ada beberapa bandara yang sedang dilaksanakan pembangunan, kami akan memberikan perhatian lebih khusus,” tutur Awaluddin.

Bandara yang saat ini tengah dilakukan pengembangan dan pembangunan konstruksi, serta penyelesaian diantaranya Soepadio (Pontianak), Terminal 3 Soekarno Hatta (Jakarta), dan bandara Silangit (Sumàtera Utara). (omy)