Angkasa Pura 2

STTD Kukuhkan 115 Taruna Program Pembibitan Tahun 2016

SDMSenin, 26 September 2016
Zulma dan mitranya

BEKASI (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) menerima 115 taruna program pembibitan yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Taruna pembibitan atau dulu dieknal dengan istilah ikatan dinas, merupakan hasil seleksi dari daerah yang mengikat kerja sama dengan STTD dan akan dibiayai dengan APBD setempat.

“Mereka masuk tahun 2016 dan terbagi dalam beberapa Program Studi (prodi) di STTD yaitu D-IV Transportasi Darat, D-IV Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan D-IV Perkeretaapian,” kata Ketua STTD Zulmafendi, SE, M.Sc kepada berotatrans.com usai Penguikuhan taruna Muda STTD, Senin (26/9/2016).

Mereka dikukuhkan menjadi taruna muda STTD di depan Kepala Daerah atau perwakilan Pemda yang menjalin kerja sama dengan STTD. Selain itu, seluruh orang tua/ wali taruna STTD diundang dan diberi kesempatan untuk menyematkan pin, epolep dan atrribut taruna lainnya secara langsung.

Seperti diketahui, Kampus STTD Bekasi resmi mengukuhkan tarauna muda tahun ajaran 2016/2017. Sebanyak 483 taruna dikukuhkan termasuk 115 taruna program pembibitan di tahun 2016. “Mulai besok (Selasa, 27 September 2019) taruna muda STTD sudah mulai menjalani perkuliahan pada semester ganjil tahun 2016 ini,” jelas Zulma, sapaan akrab dia.

Zul sematkan pin

Kesadaran Pemda Makin Tinggi

Pemahaman dan minat Pemda untuk mendidik dan menyiapkan SDM transportasi darat makin tinggi. Mereka mengirimkan putra terbaik daerahnya untuk belajar di STTD dan dibiayai dengan APBD.

“Selanjutnya saat lulus nanti akan direkrut daerah yang mengirimkan. Jadi ada jaminan kepastian kerja serta kesempatan untuk membangun daerahnya nanti,” sebut Zulma.

Dari hasil seleksi tahun 2016, tercatat ada 115 taruna program pembibitan dari berbagai daerah. “Di daerah sudah diseleksi, kemudian mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2016. Termasuk taruna yang mengikuti seleksi mandiri di STTD,” tukas Zulma.

STTD Taruna Pembibitan

Dia menambahkan, prodi yang dipelajari taruna program pembibitan tahun 2016 juga makin beragam, sesuai kebutuhan di dsaerah masing-masing. “Yaitu tiga prodi utama, masing-masing D-IV Transportasi Darat, D-IV LLAJ dan D-IV Perkeretaapian,” papar Zulma lagi.

Para taruna pembibitan itu, tambah Zulma, ke depan akan menjadi tulang punggung perbangunan dan perbaikan sistem transportasi darat termasuk di daerah terpencil dan daerah perbetasan Indonesia.

“Mereka akan menjadi kader-kader pembangunan transportasi Indonesia yang lebih baik, terintegrasi dan efisien,” tegas Zulma.(helmi)

loading...