Angkasa Pura 2

IndoFest 2016 Adelaide di Ausie Selatan, Potret Indonesia dalam Bingkai Festival

DestinasiSelasa, 27 September 2016
IMG-20160927-WA014

ADELAIDE (beritatrans.com) – Indonesia Festival atau yang biasa disebut IndoFest 2016, salah satu cara menyapa warga Australia Selatan dengan budaya dan seni bernuansa Wonderful Indonesia.

“Indofest adalah festival Indonesia terbesar di Australia. Terbesar juga di belahan selatan bumi. Evennya sangat bagus karena menyatukan budaya dua bangsa,” kata Dubes RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema di Adelaide dalam keterangan resmi yang diterima beritatrans.com, Selasa (27/9/2016).

Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kementerian Pariwisata mengemukakan, festival itu menyuguhkan potret Indonesia mini. Dari mulai kuliner hingga seni dan budaya, semua ada.

“Saking atraktifnya, tak hanya ribuan warga Adelaide saja yang hadir. Pejabat-pejabat Australia juga banyak yang menyempatkan diri menyaksikan acara akbar tersebut,” ujar Vincen.

Menurut Vincen, pengunjung terlihat antusias menyaksikan musik live band dan kesenian dari Aceh hingga Papua. Dari mulai angklung, Ega Robot Ethnic Percussion Jawa Barat, Tari Jejer Banyuwangi, perang adat Lombok yang disajikan lewat Tari Peresean, Tari Kecak Bali, Tari Pangkur Sagu Papua hingga kostum karnaval yang diperagakan Malang Amore Carnival.

“Semua ada dan menarik perhatian pengunjung,” imbuh Vincen.

Vincen mengungkapkan bahwa ini benar-benar penghargaan besar yang dipersembahkan pemerintahan Australia untuk Indonesia.

“Semua respek dengan budaya kita, bahkan mahasiswa di sana menggunakan batik pada saat datang ke festival,” ujar Vincen. (omy)