Angkasa Pura 2

Kemhub Tambah Kapal Sabuk Nusantara Layani Kepulauan Seribu Mulai November 2016

DermagaSelasa, 27 September 2016
2016-09-27 19.34.52

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Satu unit kapal Sabuk Nusantara dari pemerintah pusat yang akan dioperasikan mulai November 2016 di Kepulauan Seribu. Dengan masuknya kapal tersebut, maka kapal Sabuk Nusantara di Kepulauan Seribu menjadi dua unit yang akan membantu mobilitas warga Pulau Seribu.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kapal Sabuk Nusantara yang diserahkan sebelumnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemhub) pada bulan Januari 2016 itu mempermudah warga Pulau Seribu yang melakukan pengiriman barang ke Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya meminta lagi kepada pemerintah pusat.

“Karena kalau kirim barang berapa ton pun pakai kapal itu hanya Rp 5.000. November mulai masuk,” ujar Basuki di Pulau Pramuka, Selasa (27/9/2016).

Jika kapal tersebut sudah masuk, katanya, maka tinggal pelabuhan untuk kapal tersebut dirapikan. Ia juga mulai berpikir untuk subsidi kapal-kapal yang beroperasi di Kepulauan Seribu.

“Sekarang orang Pulau Seribu datang ke darat naik bus juga tidak bayar. Apalagi nanti dia perlu bayar kapal cuma Rp 3.500. Itu include naik bus. Nanti kami subsidi Rp 11.500 per penumpang yang KTP Pulau Seribu,” tuturya seperti dikutip beritasatu.

Adanya kapal dan subsidi terhadap kapal-kapal tersebut juga disebutkannya bertujuan untuk mendorong para nelayan ke budidaya ikan. (ani).