Angkasa Pura 2

Tiket Promo Rp28.945 HUT KAI Di Jember Jatim Terjual Habis

EmplasemenSelasa, 27 September 2016
Kereta_api_indonesia

JEMBER (Beritatrans.com) – Tiket promo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kereta Api ke-71 seharga Rp28.945 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember untuk keberangkatan 27-29 September 2016 terjual habis. Tiket yang paling banyak terjual adalah juruan Banyuwangi-Surabaya PP.

“Tiket promo yang disediakan sebanyak 15 tempat duduk di masing-masing rangkaian KA Mutiara Timur siang dan KA Mutiara Timur malam jurusan Banyuwangi-Surabaya PP sudah habis untuk keberangkatan 27-29 September 2016,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Lukman Arif di Jember, Senin (26/9/2019).

Menurut dia, tiket promo tersebut berlaku untuk pemesanan atau reservasi tiket mulai tanggal 24-29 September 2016 melalui “contact center” 121, Aplikasi KAI Access dan tiket.kereta-api.co.id.

“Pemesanan tiket promo ini tidak dapat dilayani di loket stasiun, agen, channel eksternal dan vending machine,” kata Lukman seperti dikutip laman antaranews.com.

Ia mengatakan tiket promo seharga Rp28.945 bisa dibatalkan dan bisa dijadwal ulang menjadi tarif selain promo, namun tarif promo itu tidak bisa digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.

“Tarif promo itu hanya berlaku untuk KA komersial jarak menengah dan jarak jauh, sehingga di wilayah Daop 9 Jember hanya khusus untuk kelas bisnis-ekskutif KA Mutiara Timur siang dan KA Mutiara Timur malam, sedangkan kelas ekonomi sudah mendapatkan subsidi dalam bentuk publik service obligation (PSO),” paparnya.

KA Mutiara Timur merupakan KA kelas komersial, tarif tiket berlaku mengacu pada sistem tarif batas atas dan tarif batas bawah yakni tiket untuk kelas bisnis Rp145.000 untuk jurusan Banyuwangi-Surabaya dan Rp120.000 untuk jurusan Jember-Surabaya.

Sedangkan untuk kelas eksekutif Rp200.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya dan Rp160.000 untuk relasi Jember-Surabaya. Sedang tarif untuk jurusan Jember-Banyuwangi berlaku Rp40 ribu untuk kelas bisnis dan Rp60 ribu untuk kelas eksekutif.

“Dengan tarif promo yang lebih murah tersebut, maka tidak heran tiket promo yang disediakan tersebut diserbu oleh pengguna jasa kereta api yang hendak bepergian ke Surabaya atau Banyuwangi,” katanya.

Selain memberikan tarif promo, PT KAI Daop 9 Jember dalam rangka HUT ke-71 juga memberikan penghargaan atau ucapan terima kasih kepada dua bidan yang membantu kelahiran penumpang di kereta Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya pada 25 Juli 2016 diantara Stasiun Sempolan-Ledokombo.

“Pemberian penghargaan kepada bidan bernama Dian Eko dan Yuli itu bersamaan dengan acara jalan sehat di Stasiun Banyuwangi yang diikuti oleh pegawai KAI Daop 9 Jember bersama warga di sekitar stasiun,” tegas dia.(helmi/ant)