Angkasa Pura 2

Awas Macet, Besok 20.000 Massa Buruh Demo Di Jakarta

Aksi Polisi KoridorRabu, 28 September 2016
Surat Demoo

JAKARTA (beritatrans.com) – Sekitar 20.000 buruh dari seluruh Jabodetabek akan turun ke jalan menggelar demonstrasi di beberapa titik di Jakarta pada Kamis (29/9/2016) besok.

Demonstrasi ini diperkirakan akan menimbulkan kemacetan. Massa Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang diterima Beritatrans.com, massa buruh akan mulai berkumpul dari jam 09.30 sampai jam 15.

Dalam copy surat pemberitahuan ada beberapa titik kumpul massa demontrans besok, seperti Gedung DPR/MPR, Istana Negara, Balaikota Jakarta, Kantor Kementerian Ketenagakerjaan.

Selain itu, sepanjang jalan yang akan dilalui massa buruh demontrans dipastikan akan terjadi kemacetan. Oleh karena itu harus hati-hati sebelum memutuskan untuk melintas atau keluar kota Jakarta.

Tak Ada Penutupan Arus

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, tidak ada penutupan arus di lokasi demo selama aksi berlangsung.

“Pengalihan arus sifatnya situasional saja, kalau situasi arus lalu lintas sudah macet parah baru kita lakukan pengalihan arus,” ujar AKBP Budiyanto kepada detikcom, Rabu (28/9/2016).

Adapun, titik demo terpusat di depan gedung DPR, Istana Negara, kantor Jamsostek, kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan kantor KPK. Massa yang berdemo diperkirakan mencapai 15 ribu orang.

Agar tidak terjebak kemacetan, masyarakat diimbau untuk menghindari Jl Gatot Subroto selepas Semanggi arah barat, Jl Gatot Subroto setelah Semanggi arah timur dan Jl Gatot Subroto setelah TL Kuningan arah timur.

“Untuk mengurangi terjadinya kepadatan arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut, agar gunakan rute-rute atau jalan pendekat menuju dan dari ruas jalan,” kata dia.

Selanjutnya, Budiyanto menyarankan agar mengikuti petunjuk atau arahan petugas polisi yang melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas.

Rute Pengalihan Lalin

Berikut rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar titik aksi demo yang dibuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya:

1. Bundaran HI
- Arah Jl Sudirman dialihkan ke Jl Teluk Betung-Jl Kebon Kacang-Dukuh Atas-Jl Kendal.
- Dari Dukuh Atas dialihkan ke Tanahabang-Jl Gunung Galunggung.
- Kendaraan dari Patung Kuda dialihkan ke Jl Wahid Hasyim-Jl Ahmad Salim atau ke Jl Sanang-Jl Sutan Sahir.

2. Istana Negara:
- Arah Jl MH Thamrin ke arah Harmoni dialihkan ke Jl Budi Kemuliaan-Jl Abdul Muis-Jl Majapahit-Jl Gajah Mada atau ke Jl Medan Merdeka Selatan-Jl Medan Merdeka Timur-Jl Medan Merdeka Utata-Jl Veteran 1-Jl Veteran.

Pengalihan kendaraan dari arah Harmoni atau Jl Hayam Wuruk:
a. Jl Juanda-Jl Pos-Jl Gd Kesenian-Jl Lapangan Banteng Utara-Jl Lapangan Banteng Barat-Jl Pejambon-Jl Raden Rais.
b. Jl Surya Pranoto-Jl Balikpapn Raya-Jl Cideng Timur
c. Jl Majapahit-Jl Abdul Muis-Jl Budi Kemuliaan atau ke Jl Kebon Sirih

Dari arah Stasiun Kota ke Harmoni :
a. Ke kiri TL Olimo-Mangga Besar-Gunung Sahari-Jl W Pranoto-Pecenongan-Jl Samanhudi.
b. Ke kanan diarahkan melalui Jl Zainul Arifin

3. DPR/MPR RI (Jl Gatot Subroto arah barat):
- Kendaraan dari arah Semanggi-Jl Gerbang Pemuda-Jl Gelora-Jl Gelora 1- Jl Palmerah Utara.
- Kendaraan dari arah Jl Sisingamangaraja atau Jl Sudirman dialihkan ke Jl Asia Afrika atau Pintu 1 Senayan-Jl Asia Afrika-Jl Gelora-Jl Gelora 1- Jl Palmerah Utara.

- Dari Jl S Parman dialihkan ke Jl Pejompongan-Jl Penjernihan atau ke Jl Gelora 1.(helmi/dtc)