Angkasa Pura 2

Golkar Dukung Ahok, Tapi JK Berharap Anies Atau Sylvi Menang Pilkada Jakarta

Figur Perspektif Bang AweKamis, 29 September 2016
IMG-20160924-WA0060

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (JK) mendoakan agar kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta.

“Kita yang hadir di sini, sama dengan (calon) gubernur DKI pokoknya pilih saja, mudah-mudahan salah satunya lah (yang menang),” kata Jusuf Kalla saat berbicara dalam acara peringatan ulang tahun emas (50 tahun) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Pada pilkada serentak 2017, ada dua kader HMI yang bertarung dalam perebutan kursi pemimpin di DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan atau Sylviana Murni, namun keduanya berada pada posisi pasangan yang berbeda. Anies Baswedan calon gubernur berpasangan dengan Sandiaga Uno, sedangkan Sylviana Murni calon wakil gubernur berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam acara itu, Antara memberitakan Anies duduk berdampingan dengan Sylvi di antara beberapa tokoh lainnya yang hadir, di antaranya Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari, Ketua KPK Agus Rahardjo, politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva.

JK mengatakan bahwa anggota sangat beragam, dari anggota partai yang ada hingga pejabat, baik dari eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Mau pejabat kementerian banyak, mau eksekutif yudikatif legislatif banyak. Sehingga sering saya katakan di pengadilan jaksa HMI, hakim HMI, yang duduk di depan juga,” kata JK yang langsung disambut tawa ribuan anggota HMI yang hadir.

Pernyataan JK, yang juga tokoh Golkar, menjadi menarik mengingat secara resmi Partai Golkar memberikan dukungan kepada pasangan Ahok-Djarot.

Pesan jelas dan tegas JK juga seperti memberi sinyal menguatnya perpecahan di tubuh Partai Golkar dalam menyikapi Pilkada DKI Jakarta. Sebelumnya sekitar 100 kader muda Golkar menyatakan mendukung pasangan Agus H Yudhoyono – Sylviana Murni.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Sirajuddin Abdul Wahab mengatakan ada kurang-lebih 100 kader muda Golkar yang membelot dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI 2017. Mereka tak mengikuti pilihan partai yang sudah dijatuhkan sebelumnya ke pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Sirajuddin, para kader muda Golkar ini membelot dan memberikan dukungan pada pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Alasannya, kata Sirajuddin, Agus dianggap dekat secara usia dan pandangan dengan mereka. Sebagai bentuk dukungan para kader muda Golkar ini membentuk Agus Fans Club.

“Kami tidak hanya bicara hari ini. Agus ini usianya tidak jauh beda dengan kami. Kami harus memotret siapa kawan politik kami di masa depan. Salah satu yang kami potret itu, Bang Agus ini,” kata Sirajuddin di dalam peluncuran Agus Fans Club di Jakarta, Senin, 26 September 2016.

“Saya punya hak politik. Saya warga DKI. Saya pemilih di sini. Dan saya terima konsekuensi apa pun dari partai. Kalau dipecat, ya pecat saja,” ujarnya. (awe).