Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan – MTI Kerja Sama Tingkatkan Pendidikan Vokasi Di Tanah Air

SDMJumat, 30 September 2016
Tommy terminal tegal1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Badan Pengembangan SDM Perhubungan menjalin kerja sama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Kedua lembaga itu akan membangunkerja sama guna membangun sistem pendidikan vokasi yang baik dan kuat sesuai dinamika dan kebutuhan di lapangan.

“Kerja sama itu misalnya MTI bisa memberikan saran dan masukan, bahkan ikut menyusun konsep pendidikan dan latihan (diklat) transportasi yang baik. MTI bisa juga memberikan kuliah umum, sehingga mampu memberikan pengayaan pengalaman dan nuansa baru kepada seluruh SDM khususnya taruna transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si saat dikonfirmasi Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Dalam pertemuan dengan pimpinan MTI kemarin, lanjut Tommy, sapaan akrab dia, sudah dibahas beberapa peluang kerja sama dan sinergi kedua belah pihak. “MTI sangat mendukung penciptaan kampus-kampus transportasi yang benar-benar fokus di bidang vokasi. Kampus-kampus transportasi khusus mendidik calon-calon praktisi transportasi yang andal,” jelas dia.

MTI, menurut Tommy, juga bisa menjadi mediator untuk bekerja sama dengan berbagai kampus ternama di Tanah Air. Beberapa kampus utama seperti ITB, UI, UGM, ITS, Undip, Unair dan lainnya.

“Mereka semua memiliki SDM yang unggul, dan banyak personel MTI berasal dari sana. Ke depan, MTI bisa menjadi mediator kerja sama kampus BPSDM Perhubungan dengan kampus ternama itu,” papar mantan Staf Ahli Menhub itu.

Saat ini, BPSDM Perhubungan mengelola sekitar 32 unit pelaksana teknis (UPT) bidang diklat berbagai matra transportasi, seperti darat, laut, udara dan kereta api (KA). “Saat ini, seluruh kontens atau materi kurikulum sekolah transportasi BPSDM Perhubungan sudah di-up date sesuai dinamika di lapangan. Kampus-kampus itu nanti akan bersinergi dengan MTI, agar bisa meningkatkan kualitas diklat yang ada,” sebut Tommy.

Keberadaan kampus-kampus BPSDM Perhubungan perlu terus ditingkatkan. Oleh karena itu, saran, masukan serta sinergi dengan para akademisi dan berbagai kampus di Indonesia dan dunia perlu makin diefektifkan. Oleh karena itu, “Kita menjalin kerja sama dan kemitraan dengan MTI sekaligus kampus-kampus ternama di Tanah Air,” tandas Tommy.(helmi)