Angkasa Pura 2

Pintu Perlintasan Samping Stasiun Pasar Senen Resmi Ditutup

Emplasemen KoridorJumat, 30 September 2016
IMG-20160430-WA006

JAKARTA (beritatrans.com) – Pintu Perlintasan sebidang di Jl. Soeprapto atau di samping Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat mulai malam ini pukul 00.00 resmi ditutup.

Penutupan ini menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nursalam, dilakukan mulai pintu perlintasan dari arah Tugu Tani.

“Pukul 00.00 perlintasan dari arah Tugu Tani akan ditutup,” jelas Edi menjawab beritatrans.com, Jumat malam (30/9/2016).

Sebelum penutupan, menurut Edi, pihaknya bersama-sama dengan instansi terkait, melakukan rapat koordinasi di Stasiun Pasar Senen.

Seperti diketahui, penutupan perlintasan sebidang ini dilakukan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 91 ayat 1.

Ditambah lagi, sejak tahun 2006, di kawasan itu telah dibangun underpass untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang melalui perlintasan sebidang tersebut.

Sosialisasi penutupan perlintasan sebidang di Jl. Soeprapto sudah dilakukan sejak satu bulan lalu dan dilakukan ujicoba penutupannya mulai 1 Oktober hingga 31 Oktober 2016, untuk selanjutnya menjadi permanen.

Bekerjasama dengan kepolisian dan Pemprov DKI Jakarta, sudah disiapkan rekayasa lalu lintas untuk pengguna kendaraan agar terhindar dari kemacetan.

“Misalnya saja pengguna kendaraan yang menggunakan jalan tol dan biasa turun di pintu keluar Cempaka Putih, mungkin bisa memilih keluar di Rawamangun, untuk hindari kepadatan lalu lintas,” kata Edi. (omy)

loading...