Angkasa Pura 2

Seleksi Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Regional Hasilkan 20 Pemenang

LitbangMinggu, 2 Oktober 2016
Agus_Santoso_Kabadan_Litbang

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan telah selesai melakukan seleksi Lomba Penelitian Transportasi Tahun 2016 untuk tingkat regional.

“Seleksi Lomba Penelitian Transportasi Tahun 2016 untuk tingkat regional sudah selesai bulan September kemarin,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabadan Litbang) Perhubungan Dr. Ir. Agus Santoso, MSc., kepada beritatrans,com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Minggu (2/10/2016).

Agus mengatakan, dari 10 regional tersebut dihasilkan 20 pemenang, masing-masing 10 pemenang untuk tingkat SLTA/S1 dan 10 pemenang untuk tingkat S2/S3. Para pemenang tersebut nantinya akan disertakan dalam seleksi Lomba Penelitian Transportasi Tahun 2016 untuk tingkat nasional.

“Seleksi Lomba Penelitian Transportasi tingkat nasional rencananya akan dilaksanakan pada 24 Oktober 2016 bertempat di Universitas Indonesia, Depok,” kata Agus.

Menurutnya, minat masyarakat masih tetap tinggi untuk mengikuti lomba penelitian yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Perhubungan setiap tahun ini. Bahkan materi-materi penelitiannya pun semakin bervariasi dan bagus.

“Para pemenang lomba di tingkat regional akan memperebutkan penghargaan Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award dari Kementerian Perhubungan dan hadiah-hadiah lainnya, termasuk education trip ke Australia,” tutur Agus.

Tema lomba penelitian transportasi Badan Litbang Perhubungan tahun ini adalah “Melalui Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Keselamatan dan Pelayanan Penerbangan.” Total jumlah naskah lomba penelitian yang masuk sebanyak 268 naskah. Terdiri dari kategori SLTA/S1 sebanyak 185 naskah dan kategori S2/S3 sebanyak 83 naskah.

Adapun para peserta lomba dibagi menjadi 10 regional yaitu: Regional Medan (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung); DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur); Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur); Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); Manado (Utara dan Gorontalo); dan Jayapura (Papua dan Papua Barat). (aliy)

loading...