Angkasa Pura 2

Dukung Peningkatan Pariwisata, Ditjen Hubla Tingkatkan Keselamatan Kapal Bermesin Tempel

Dermaga DestinasiRabu, 5 Oktober 2016
IMG_20160922_115615

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebagai negara dengan perairan yang luas, sektor kelautan menjadi salah satu hal penting untuk mewujudkan konektivitas. Kekayaan alam yang indah dan beragam pun menjadi daya tarik pariwisata.

Salah satu moda penghubung konektivitas antar pulau, digunakan kapal bermesin tempel speed board, yang mampu menempuh perjalanan laut dengan lebih cepat dari kapal laut reguler.

Untuk itulah, dalam upaya mendukung peningkatan konektivitas dan pariwisata, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) meningkatkan terus keselamatan kapal-kapal tidak terkecuali kapal bermesin tempel.

“Sektor pariwisata khususnya pariwisata bahari telah menjadi salah satu sektor pemasukan devisa bagi Negara. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki tempat wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun asing. 

“Guna mendukung sektor pariwisata bahari di daerah kepulauan, sarana kapal bermesin tempel tentu menjadi sarana transportasi laut yang diandalkan masyarakat sekitar,” ujar Dirjen Laut A. Tonny Budiono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla, Sugeng Wibowo dalam rangkaian acara Konsinyering Standar Keselamatan Kapal Bermesin Tempel di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Untuk itu,  menurut Sugeng, diperlukan kehadiran Pemerintah dalam pemenuhan aspek standar keselamatan kapal bermesin tempel.

Salah satu upaya mengurangi kecelakaan kapal bermesin tempel, akan disiapkan ‎Peraturan Dirjen Perhubungan Laut tentang Standar Keselamatan Bermesin Tempel. Hal itu bercermin dari kejadian musibah kecelakaan kapal cepat yang terjadi akhir-akhir ini.

‎Hal yang akan dirumuskan, mencakup standar keselamatan konstruksi kapal bermesin tempel (out board engine), kekuatan konstruksi lambung kapal bermesin tempel, Instalasi sistem mesin tempel, Safety and fire control plan di kapal mesin tempel serta survey dan sertifikasi kapal bermesin tempel.‎ (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari