Angkasa Pura 2

Jenderal Tito: Pengawasan Penyidik Polri Diperketat & Pungli Dibersihkan

Aksi PolisiRabu, 5 Oktober 2016
images

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Reformasi institusi Polri menjadi salah satu bagian dari paket kebijakan hukum yang akan dikeluarkan Presiden Joko Widodo.

Seusai rapat dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno membahas hal itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan akan menerapkan sejumlah kebijakan untuk mereformasi institusi Bhayangkara.

“Pertama, bagaimana rekrutmen itu (menjadi polisi) perlu diperbaiki,” ujar Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Ketiga, sistem pengawasan terhadap penyidik akan lebih ketat. Kapolri akan menerapkan sistem pelaporan masyarakat untuk mengawasi kinerja penyidik Polri.

“Penyidik internal ada Biro Wasidik, Propam, dan Itwasum. Nanti akan dibikin mekanisme dengan masyarakat bisa komplain, lalu penyidik internal bergerak. Ada gelar perkaranya dan lain-lain,” ujar Tito.

Ia juga akan berupaya membersihkan pungutan liar di lingkungan Polri.

“Saya akan melakukan gebrakan-gebrakan di internal, yakni menegakkan hukum dan kode etik secara internal kalau ada pelanggaran yang dilakukan anggota,” tegasnya. (ani/sumber kompas.com).

loading...