Angkasa Pura 2

Kemhub-Pemprov Sulut Sepakat Kambangkan Bandara Samratulangi Dan Miangas Serta Pelabuhan Bitung

Bandara DermagaRabu, 5 Oktober 2016
Menhub sulut

MANADO (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan prasarana transportasi yaitu di Bandara Miangas, Bandara Samratulangi, dan Pelabuhan Bitung.

Komitmen mengembangkan dua bandara dan satu pelabuhan tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan bersama yang ditandatangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Rabu (5/10/2016) di Bandara Samratulangi, Manado.

“Poin utama dari kesepakatan ini adalah menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat sangat concern dengan Provinsi Sulawesi Utara karena potensinya yang sangat luar biasa,” jelas Menhub Budi Karya usai menandatangani kesepakatan.

Menurutnya Sulawesi Utara memiliki potensi untuk menarik wisatawan asing, untuk itu pengembangan di sektor transportasi diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing.

Menhub mengatakan, beberapa pengembangan akan dilakukan di Bandara Miangas, Samratulangi dan Pelabuhan Bitung.

“Miangas itu pulau terluar, penting untuk kita jaga teritorialnya dan kita perhatikan. Makannya kita dakan penerbangan perintis kesana. Untuk investasinya, kita akan tambah inevestasi sekitar 100 M untuk perbaikan Bandara Miangas,” ujar Menhub Budi Karya.

“Sementara untuk bandara Sam Ratulangi, saya meminta kepada pihak PT. Angkasa Pura I untuk memperbaiki kualitas agar lebih baik lagi. Investasinya sekitar 400 Milyar untuk pengembangan bandara Sam Ratulangi,” jelasnya lagi.

Untuk pengembangan pelabuhan Bitung, Menhub mengatkan akan memprioritaskan pengembangan pelabuhan dengan membuka peluang investasi baik dari luar maupun dalam negeri.

Untuk itu, ia meminta Pemprov Sulut untuk segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan dan masterplan pelabuhannya, untuk mempersiapkan jika ada investor yang berminat mengembangkan pelabuhan.(helmi)

loading...