Angkasa Pura 2

Penumpukan Barang Di 4 Pelabuhan Utama Paling Lama 3 Hari

Another News DermagaRabu, 5 Oktober 2016
20160913_144713-2-1-1-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Batas waktu penumpukan barang (long stay) di empat pelabuhan utama (Belawan, Tanjung Priok , Tanjung Perak dan Makasar) ditetapkan paling lama tiga hari sejak barang ditumpuk di lapangan penumpukan petikemas ( lini I)

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menhub (PM) No 116 Tahun 2016 yang ditandatangani Menhub Budi Karya Sumadi tgl 21 September 2016.

Batas waktu lamanya penumpukan tadi tidak berlaku untuk barang wajib tindakan karantina dan telah dilaporkan/aju permohonan kepada karantina.

Selain itu ketentuan batas waktu juga tidak berlaku untuk barang yang telah diajukan pemberitahuan pabean impor tapi belum mendapatkan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB) dan untuk barang yang terkena Nota Hasil Intelijen (NHI) atau Nota Informasi Penindakan (NIP) yang dikeluarkan Bea dan Cukai.

Ketentuan tersebut untuk menjamin kelancaran arus barang di empat pelabuhan utama.

Dalam PM 116/2016 ditegaskan bahwa lapangan penumpukan petikemas (lini I) bukan tempat penimbunan tapi sebagai area transit untuk menunggu pemuatan atau pengeluaran barang.

Dalam PM 116 disebutkan Kantor Otoritas Pelabuhan di empat pelabuhan utama tersebut bertugas dan bertanggungjawab dalam menjamin kelancaran arus barang di 4 pelabuhan utama tadi.

Kantor OP juga bertugas menetapkan tatacara pemindahan barang yang melewati batas waktu penumpukan dan berkoordinasi dengan instansi terkait di lingkungan pelabuhan.
(wilam)

loading...