Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Gelar Rakornis Dengan Dishub Seluruh Indonesia

KoridorKamis, 6 Oktober 2016
Dirjen_Pudji

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tahun 2016 bersama Dinas Perhubungan seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung sejak kemarin sore, Rabu (5/10/2016) hingga hari ini, Kamis (6/10/2016) itu untuk menyamakan persepsi semuaa stakeholder tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.

“Acara ini juga untuk mencari masukan dari dinas-dinas perhubungan terkait berbagai persoalan transportasi darat, utamanya yang terjadi di daerahnya masing-masing,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar, usai acara pembukaan Rakornis, kemarin malam.

Menurut Pudji, ada tiga fokus utama yang di bahas dalam Rakornas. Pertama tentang aspek keselamatan di jalan raya. Pelaksanaan uji tipe dan kir kendaraan harus semakin profesional dan memiliki kinerja yang terukur.

Rakornis_Hubdat

Kemudian terkait pengelolaan teminal tipe A yang berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan harus diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan pemerintah daerah yang merasa sanggup dapat mengelola juga.

“Tinggal mekanisme dibuat seperti apa. Yang jelas seluruh aset terminal wajib diserahkan ke pemerintah pusat. Sedangkan pengelolaannya dapat saja dilakukan oleh pemerintah daerah yang merasa sanggup dan mampu. Tinggal nanti kita bikin persyaratan-persyaratannya,” tutur Pudji.

Sedangkan fokus pembahasan Rakornis yang ketiga adalah terkait peningkatan kapasitas dan pelayanan angkutan umum. Sehingga dapat mengurangi para pengguna kendaraan pribadi. (aliy)

loading...