Angkasa Pura 2

Tingkatkan Akses Pelabuhan Trisakti, Pembangunan Jembatan Basirih Dikebut

Dermaga KoridorKamis, 6 Oktober 2016
images(21)

BANJARMASIN (beritatrans.com) – Dalam upay meningkatkan akses lalu lintas ke dan dari Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penyelesaian pembangunan jembatan Basirih dikebut akhir 2016.

Saat ini menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat ini progres pembangunannya telah mencapai 45 persen.

“Jembatan sepanjang 582 meter itu ditargetkan selesai pembangunannya Desember 2016,” tutur Basuki saat meninjau lokasi, kemarin.

Pembangunan Jembatan Basirih menurut Basuki, bertujuan sebagai penghubung jalan baru yang menjadi jalan akses keluar masuk pelabuhan maupun lalu lintas yang melintas di ruas Pelabuhan Trisakti-Liang Anggang.

“Jembatan ini juga sebagai penunjang Jembatan Basirih Lama yang sudah tidak mampu melayani lalu lintas yang melewatinya,” kata Basuki.

Jembatan Basirih baru yang berada tepat di sebelah Jembatan lama, membentang di atas anak Sungai Barito yaitu Sungai Basirih. Dengan adanya Jembatan Basirih baru diharapkan arus lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Trisakti dan menuju daerah lainnya di kawasan Kalsel menjadi lebih lancar.

Pembangunan jembatan itu dibagi menjadi dua tahap, Tahap I dikerjakan PT Sumbersari Ciptamarga dengan konsultan supervisi PT Adiya Widyajasa dan ASS pada 2013-2015 dengan nilai kontrak akhir mencapai Rp106,97 miliar. 

Tahap II dikerjakan PT Trigaya Ciptamarga dengan konsultan supervisi PT Widyadaya Bandaran pada 2016, dan nilai kontraknya mencapai Rp 25,74 miliar. (omy)

loading...