Angkasa Pura 2

Hasil Rakornis Ditjen Hubdat (1): Pemda Wajib Mengkalibrasi Peralatan Uji Kendaraan

KoridorJumat, 7 Oktober 2016
IMG_20161006_200338

JAKARTA (beritatrans.com) – Sejumlah kesimpulan diperoleh dari Rapat Kordinasi Teknis Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang dihadiri 684 perwakilan seluruh Dinas Perhubungan Indonesia.

Salah satunya terkait pengujian kendaran bermotor. Ada empat poin dan sub poin dalam pelaksanaannya yakni sumber daya manusia (SDM), metode, anggaran, dan material.

Untuk SDM, penetapan kompetensi pengujian kendaraan bermotor (PKB) melalui Pemprov kepada Ditjen Hubdat. Selanjutnya kompetensi penguji kendaraan dilakukan diklat dan uji kompetensi serta diperlukan langkah-langkah percepatan pemenuhan personelnya.

Untuk pemerintah daerah menurut Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, yang telah memiliki fasilitas PKB, maka wajib merawat dan mengkalibrasi peralatan uji kendaraan bermotornya.

“Sedangkan yang belum memiliki fasilitas PKB, wajib melengkapi peralatan dan fasilitas pengujian sesuai ketentuan,” jelas Pudji, di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Pemda, lanjut Pudji disebutkan juga harus membangun dan mengintegrasikan SIM PKB untuk pelaksanaan uji kendaraan bermotor. (omy)

loading...