Angkasa Pura 2

150 Kendaraan Dinas Pemkot Balikpapan Siap Gunakan BBG

Koridor Lingkungan & KehutananSabtu, 8 Oktober 2016
isi BBG

BALIKPAPAN (Beritatrans.com) – Sedikitnya 150 kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan dipasang converter kit atau peralatan konversi dan akan menggunakan bahan bakar gas (BBG). Paling lambat 20 hari dan Pemkot Balikpapan akan memonitor kegiatan pemasangan converter itu sesuai jadwal.

“Pemasangan converter kit langsung dilakukan oleh petugas dari Kemeterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), seluruh pengadaan dan pemasangan dibiayai APBN,” kata Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Kota Balikpapan Arzaedi Rahman, saat dihubungi di Balikpapan, Sabtu (8/10/2016).

“Pemerintah kota membantu percepatan pelaksanaan program peralihan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas untuk kendaraan dinas. Kendaraan yang sudah dipasangi converter kit akan dibawa ke SPBG (stasiun pengisian bahan bakar gas) untuk menyesuaikan pemasangan terhadap kondisi mesin,” jelasnya seperti dikutip antaranews.

Saat ini sudah 16 unit kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan yang sudah dipasang converter kit, namun belum dilakukan pengisian gas. Penggunaan gas lebih murah dibanding bahan bakar minyak, sehingga kendaraan dinas dialihkan menggunakan bahan bakar gas.

“Secara ekonomis pembiayaan lebih murah, di mana jika tangki kendaraan diisi penuh Rp45.000 dengan kapasitas gas 145 kilogram, jadi Rp45.000 bisa menempuh jarak sampai 185 kilometer, dibandang premium hemat Rp180 ribu,” ucapnya.

“Satu tabung berat mencapai 66 kilogram dengan kapasitas isi gas sebanyak 19 kilogram,” taegas Arzaedi.(helmi/ant)