Angkasa Pura 2

Polisi Tangkap Calo dan Petugas Pelayanan Satu Atap Kemenhub

Aksi Polisi Another News DermagaSelasa, 11 Oktober 2016
Tito_Jokowi_Budi

JAKARTA (beritatrans.com) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menangkap beberapa orang terkait pungutan liar (pungli) di Kementerian Perhubungan (Kemhub) hari ini, Selasa (11/10/2016).

“Ada calo dan petugas lantai 6 (pelayanan satu atap) yang kami tangkap tangan dan ada beberapa petugas lain yang kemungkinan terlibat juga,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di kantor Kemhub.

Tito mengatakan, praktik pungli tersebut terkait dengan pelayanan di sektor pelayaran seperti penerbitan surat ukur kapal, pergantian bendera, buku pelaut, dan lain-lain.

“Pelayanan-pelayanan tersebut sebetulnya sudah menggunakan sistem online. Sehingga tidak perlu lagi membayar dengan uang tunai,” kata Tito.

Tito berjanji akan terus mengembangkan pemeriksaan praktik pungli ini dan tidak terbatas hanya di kantor Kemhub, tetapi di kementerian dan lembaga negara lainnya, termasu di tubuh kepolisian.

“Untuk itu kami sampaian terima kasih kepada Kemhub atas kerjasamanya dalam pembersihan praktik-praktik pungli yang merugikan masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan informasi di lapangan, hingga saat ini sudah ada enam orang yang diperiksa dan diamankan oleh pihak Polda Metro Jaya.

Polisi juga telah menyita beberapa barang bukti seperti sejumlah uang tunai, buku tabungan, telepon seluler, dan sebagainya. (aliy)