Angkasa Pura 2

Tanggulangi Pembiayaan Transportasi Rp1.283 Triliun, Kemhub Tawarkan Pengelolaan 14 Pelabuhan

DermagaSelasa, 11 Oktober 2016
images (7)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) menawarkan pengelolaan 14 pelabuhan kepala PT Pelindo I, II, III dan IV. Pengelolaan pelabuhan tersebut diharapkan bisa menciptakan efisiensi menekan tingginya biaya logistik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengelolaan bersama Pelindo akan dilakukan dalam bentuk kerja sama pemanfatan. Dengan demikian, pengembangan pelabuhan tidak mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena kebutuhannya sangat besar.

Diperlukan pengelolaan bersama, baik itu kepada BUMN maupun BUMD, termasuk swasta jika memang memungkinkan,” kata Budi dalam diskusi transportasi di Jakarta.

Dia menjelaskan, ke-14 pelabuhan yang sebelumnya dikelola Kemenhub dalam bentuk Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) maupun Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dilebur melalui pengelolaan Pelindo.

Menurut Budi, sinergitas BUMN, BUMD maupun swasta sangat diperlukan mengingat masih adanya gap anggaran yang besar sebanyak Rp791 triliun pada semua sektor infrastruktur transportasi dalam kurun waktu 2015-2019.

”Sedangkan kemampuan pemerintah hanya sebesar Rp491 triliun. Kalau ditotal, kebutuhan pembiayaan transportasi mencapai Rp1.283 triliun. Nah, masih ada gap sebesar Rp791 triliun ini memerlukan sinergi berbagai pihak,” pungkas dia.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo mengatakan, kerja sama pemanfaatan pelabuhan dengan Pelindo meliputi pemanfaatan aset. Sedangkan dari sisi SDM yang ada di lingkungan KSOP maupun UPP di pelabuhan terkait, masih akan dibicarakan. (ani/sumber okezone).