Angkasa Pura 2

Menhub Ingatkan Otban dan Operator Patuhi Regulasi

BandaraKamis, 13 Oktober 2016
IMG-20161013-WA009

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada seluruh kantor Otoritas Bandara (Otban) ‎dan operator untuk konsisten melaksanakan regulasi penerbangan baik nasional maupun internasional.‎

‎”‎Kantor Otban harus memastikan pemenuhan terhadap peraturan – peraturan di bidang penerbangan melalui pengawasan yang ketat yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan,” jelas Menhub dalam pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Otban di Jakarta, Rabu malam (12/10/2016).

‎Menhub juga menyatakan bahwa perlu ada kesatuan cara berpikir khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Otban, serta semua operator penyelenggara penerbangan dalam rangka pembinaan keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Sebagai ujung tombak, Otban yang melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan regulasi dan kebijakan ‎ Kemhub di bandara,” kata Menhub.

Otban lanjut Menhub, harus diberi kewenangan yang kuat dan dapat diberdayakan secara semaksimal mungkin dalam pelaksanaan tugasnya. Kantor Otban harus memiliki fasilitas kerja yang lengkap yang ditunjang dengan tenaga inspektur penerbangan yang memiliki kompetensi tinggi. ‎

Seperti diketahui bahwa industri penerbangan terus melesat. Selaku regulator, Kemhub segera mengantisipasi dengan memperbaiki perangkat pendukung penerbangan serta penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat dengan tetap menjamin kepastian keamanan dan keselamatan.‎

‎”Sebagai  regulator dan pelaksana fungsi Pembina transportasi di Indonesia maka kita harus memastikan bahwa keamanan dan keselamatan penerbangan merupakan prioritas utama,” imbuh Menhub.

Tingkat keamanan dan keselamatan penerbangan dikatakan Menhub, tidak hanya diukur melalui fakta dan data yang kita miliki, akan tetapi juga memerhatikan pendapat atau persepsi masyarakat selaku pengguna jasa penerbangan. (omy)