Angkasa Pura 2

Menteri PAN-RB Serahkan SK Penempatan 174 Alumni STTD ke 40 Kepala Daerah

SDMKamis, 13 Oktober 2016
Menpan Serahkan SK

BEKASI (Beritatrans.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menyerahkan surat keputusan (SK) penempatan 174 calon pegawai alumni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi kepada 40 kepala daerah. Mereka adalah pimpinan daerah yang telah menjalin kerja sama bidang pengembangan SDM dengan STTD.

Penyerahan 174 alumni STTD dilakukan di Auditorium Giri Soeseno Hadihardjono STTD Bekasi, Kamis (13/10/2016). Mereka para alumni STTD dan mereka lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) di Badan Kepagawaian Negara (BKN). Jadi, mereka tinggal melakukan melengkapi berkas dan SK penempatan dari Menteri PAN-RB juga sudah keluar.

Dalam penyerahan SK tersebut, Menteri PAN-RB Asman Abnur didampingi Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, Ketua STTD Bekasi, Zulmafendi dan seluruh staf dan taruna STTD mulai tingkai I sampai IV.

Zulmafendi dalam laporannya menyebutkan, dari 174 alumni yang diserahkan ke Pemda itu meliputi 55 orang lulus dan D-IV Transportasi Darat, D-III Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) sebanyak 58 orang, D-III LLASDP sebanyak 20 orang dan D-II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) sebanyak 32 orang.

Menurut Asman, penambahan calon aparatur sipil negara (ASN) tersebut diharapkan bisa memperkuat SDM di daerah sekaligus meningkatkan pelayanan yang terbaik ke masyarakat. Seluruh ASN di Tanah Air harus bisa melayani masyarakat sekaligus menjadi abdi negara yang sejati.

Menpan RB-Tommy

“Dari total ASN di Indonesia dikurangi tenaga dokter dan guru, sebanyak 60% ASN kita hanya memiliki kemampuan administrasi. Mereka itu harus segera ditingkatkan kemampuan dan kompetensinya untuk membangun pelayanan serta kesejahteraan yang lebih baik,” jelas Menteri PAN-RB itu.

Dikatakan, mereka para alumni STTD adalah calon ASN yang professional yang sudah dididik dan dilatih menjadi insan transportasi darat yang unggul, professional dan beretika.

“Oleh karena itu, kepada 40 kepala daerah yang hadir dan menandatangani kerja sama dengan STTD, tolong pekerjaan mereka sesuai kemampuan dan kompetensinya di bidang transportasi darat,” kata lagi lagi.

Seperti telah disampaikan Ketua STTD Zulmafendi, papar Asman, jangan jadikan SDM alumni STTD sebagai ajudan meski fisik mereka tegap dan bagus. “Manfaatkan mereka sesuai kompetensi, karena negara sudah mengeluarkan subsidi besar untuk biaya pendidikan mereka,” tukas Asman.

Alumni STTD Pembibitan

Alumni sekolah vkasi seperti STTD, tambah Asman, sudah dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan manajerial dan perencanaan di bidang transportasi darat. Sementara, permasalahan transportasi terutama kemacetan di daerah makin parah.

“Kini saatnya mereka turun dan ikut berkontribusi menyelesaikan masalah transportasi darat di Tanah Air, khususnya di tempat kerja nanti,” tegas Asman Abnur.(helmi)