Angkasa Pura 2

Syaifuddin: BKI Masih Proses Verifikasi Aplikasi Keanggotaan IACS

DermagaKamis, 13 Oktober 2016
BKI

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menegaskan masih dalam tahap proses verifikasi aplikasi sebagai anggota badan klasifikasi dunia atau International Association of Classification Societies (IACS). Aplikasi tersebut diajukan BKI pada 7 Juli 2016 lalu.

“Dalam waktu 3 bulan berjalan akan diberikan keputusan oleh IACS Council . Mudah-mudahan aplikasi tahap pertama ini diterima oleh IACS Council,” kata Sekretaris Perusahaan PT BKI Syaifuddin Wijaya melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Kamis (13/10/20156).

Syaifuddin mengatakan, dalam rangka menuju itu pula BKI membentuk Majelis BKI pada 1 Juni 2016 lalu dan melakukan persidangan pertamanya pada Rabu (12/10/2016) kemarin.

“Sidang ini merupakan salah satu mekanisme yang harus dijalankan BKI sebagaimana yang dipersyaratkan untuk menjadi anggota IACS,” kata Syaifuddin.

Menurutnya, organisasi Majelis BKI adalah common practice di badan klasifikasi dunia dengan nama lain yaitu assembly, council, board of truestee, dan sebagainya. Di tataran operasional terdapat organisasi yang dinamakan Komite Teknik dan Komite Klasifikasi yang telah terbentuk sebelumnya di BKI.

Keberadaan organisasi ini sejalan dengan persyaratan mengenai Governance and Ownership interest berkaitan dengan independensi badan klasifikasi dalam kriteria 5.a. dan 5.b. persyaratan keanggotaan Association of Asian Classification Society (ACS) dan kriteria iv persyaratan definisi sebagai badan klasifikasi di IACS.

“Majelis BKI bersidang minimal sekali dalam setahun dengan tugas pokok menyusun dan memutakhirkan prosedur organisasi majelis, memberikan masukan dan rekomendasi strategi dan kebijakan pengembangan jasa klasifikasi sehingga meningkatkan pelayanan jasa kepada seluruh pemakai jasa,” ujarnya. (aliy)

loading...