Angkasa Pura 2

Taruna dan Alumni STTD Gondol Dua Juara FSTPT 2016 Di UII Yogyakarta

SDMKamis, 13 Oktober 2016
Shendy fstpt1

BEKASI (Beritatrans.com) – Dua alumni dan taruna terbaik Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) berhasil menggondol Juara I dan Juara II pada kategori berbeda di ajang lomba karya tulis ilmiah mahasiswa atau taruna tahun 2016. Acara lomba “19th International Symposium of Indonesia Inter-University Transport Studies Forum” di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan diikuti berbagai perguruan tinggi transportasi di Tanah Air.

“Forum Studi Transportasi Perguruan Tinggi (FSTPYT) tahun 2016 diselenggarakan di Kampus UII Yogyakarta tanggal 11-13 Oktober 2016,” kata Kepala Jurusan (Kajur) Transportasi Darat STTD Dr. Efendhi Prih Rahardjo, ATD, MT didampingi dosen pembimbing PKL STTD Sahar Andika kepada beritatrans.com di Bekasi, Kamis (13/10/2016).

Dengan mengutip laporan Sahar Andika, jelas Efendhi, Juara I untuk lomba tingkat mahasiswa Strata (S-2) adalah Rohmad Sholeh, alumni STTD Angkatan 25. Dia sekarang adalah pegawai Pusbang SDM Perhubungan Darat, BPSDM Perhubungan dan tengah mengambil studi S-2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Sedang keluar sebagai Juara II untuk lpomba karya ilmiah tingkat Strata (S-1) adalah Ferdiana Rosinta, dari Prodi D-IV Transportasi Darat (Transdar) STTD Bekasi,” sebut Sahar menambahkan.

FSTPT merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah antar mahasiswa atau taruna yang diikuti berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pada ajang tersebut, hadir perwakilan beberapa perguruan tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan, seperti STTD Bekasi, PKTJ Tegal PIP Semarang dan lainnya.

Shendy fstpt2

Hasil PKL di Palembang

Ferdiana Rosinta mempresentasikan skripsi dengan judul “Peningkatan Arus Lalin Di Pasar 16 Ilir Palembang.” Skripsi tersebut merupakan hasil kerja waktu Praktek Kerja Lapangan (PKL).”Jamaludin dan Saya (Efendhi) memang ke Lokasi. Jadi kita tahu bagaimana kondisi di lapangan,” sebut Efendhi lagi.

Dia menambahkan, anak itu sempat ‘ngeyel’ saat diminta menambahkan Kiss and Ride di lokasi Jalan 16 Ilir Palembang yang banyak pertokoan, yang ramai dan padat itu. Dia sempat menolak, karena merencanakan untuk memindahkan area parkir ke lokasi lain.

Dikatakan Sahar, orang-orang ramai datang ke pertokoan dekat Pasar 16 Ilir Palembang. Akhirnya memicu kemacetan yang parah dan itu tak bisa dibiarkan terlalu lama.

“Saya bilang orang Indonesia malas jalan, buatkan Kiss and Ride. Setelah ngeyel, dia bilang ok pak. Saya coba dulu dengan Vissim. Ternyata ok,” kata Sahar yang diamini Efendhi yang juga pembimbing Ferdiana saat PKL di Palembang.

Dan informasi yang diterima, menurut Efendhi, Vissim itu pula yang dipresentasikan dihadapan dewan penguji. Hasilnya luar biasa, di mendapatkan Sertikat Juara II.

Shendy Revilla Putri, salah satu anggota delegasi STTD menambahkan, persaingan antar peserta di ajang FSTPT 2016 d UII Yogyakarta memang ketat. Mereka menyampaikan hasil penelitian dan karya ilmiah terbaiknya dari berbagai daerah. Termasuk dua pemenang yaitu para taruna dan alumni STTD itu,” katanya kepada Beritatrans.com.

Dikatakan, kampus STTD Bekasi mengirimkan 10 orang anggota delegasi ke ajang FSTPT 2016 di UII. Memang mereka orang-orang terbaik di bidangnya, meski baru dua orang yang berhasil menggondol juara.

“Yang pasti, alumni dan taruna STTD tak kalah kualitasnya dibandingkan mahasiswa perguruan tinggi lain di Indonesia,” tegas Efendhi dan Sahar bangga.

Dari ajang FSTPT 2016 mereka berhasil membawa pulang dua gelar juara,” kata Shendy menambahkan.(shendy/praditya-helmi)