Angkasa Pura 2

Disiapkan Rp448 Miliar Renovasi Terminal & Skybridge LRT Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Bandara EmplasemenJumat, 14 Oktober 2016
bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Angkasa Pura (AP) II tengah bersiap merenovasi besar pada Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) dengan anggaran Rp448 miliar dan dimulai tahun depan. Pembenahan yang dilakukan meliputi ruang bagi penumpang di bandara, seperti penumpang domestik dan internasional hingga wilayah kedatangan atau keberangkatan.

“Ada beberapa hal yang hendaknya dipertegas, misalnya mengenai pemisahan. Keberadaan imigrasi bagi penumpang domestik atau internasional. Perlu sekat yang memperjelas, ruang keberangkatan dan kedatangan. Tahun 2017, akan banyak pembenahan,” ucap Direktut Teknik AP II Djoko Mujatmoko saat kunjungan kerja ke bandara SMB II.

Dia menambahkan banyak ruang yang seharusnya bisa dimaksimalkan. Misalnya sebagai lokasi informasi atau tenan-tenan yang dapat dimanfaatkan sebagai pendapatan di luar jasa terminal. Selain itu menurutnya, pemerintah mendorong agar bandara dalam penggunaan teknologi, smart zone dengan kapasitas kecepatan internet.

“Bandara bukan lagi sekedar tempat penumpang berangkat, namun banyak aspek yang mendatangkan pendapatan. Seperti pusat-pusat informasi yang bisa dipergunakan oleh instansi-lembaga swasta lainnya. Terpenting, Bandara juga memberikan informasi yang jelas serta kenyamanan dan keamanan,”terang ia.

Menjelang Asian Games, PT AP II sudah menganggarkan hingga Rp448 Miliar. Jumlah anggaran tersebut termasuk dalam pengembangan skybrige yang menghubungkan terminal bandara dan Light Rail Transit (LRT). Perluasan, kata Djoko akan berlangsung di sisi timur dan barat Bandara dengan luasan disesuaikan kebutuhan apron.

“Dengan target penumpang 9 juta pertahun, pada tahun 2017 PTAP II sudah akan menambah garbarata. Saat ini, ada lima namun ditambah menjadi delapan. Pilihan penambahan garbarata, mengingat bandara SMB II tidak efektif jika ditambah sarana bus. Mengingat jarak antar garbarata cukup dekat,” terangnya.

Pada kunjungan tersebut juga dilakukan pemaparan oleh General Manajer PT AP II, Iskandar yang mengatakan perluasan dilakukan di tiga lantai bandara. Lanjut dia menerangkan pada lantai pertama, penambahan dilakukan pada counter check ini yang nantinya berjumlah 34 unit, dan perbaikan lainnya.

Sementara Penambahan di lantai dua dilakukan pada boarding laouge, dan tenan yang akan diubah agar flow (alur) penumpang menjadi lebih teratur. Selanjutnya pada lantai tiga, dilakukan perluasan dengan merubah conveyer, sehingga lantai tiga juga dipergunakan sebagai lokasi boarding penumpang, dan lauge juga akan diperluas.

“Saat ini, kunjungan penumpang 3,4 juta pertahun, diprediksi pada 2018 menjadi 4 juta. Sementara target ultimate, menjadi 9 juta, pada tahun 2034. Seluruhnya menggunakan dana AP II, dan dilakukan banyak pembenahan. Dengan target 4juta penumpang pertahun, bisa melayani event-event besar di Palembang, termasuk Asian Games 2018 nanti,” tukasnya. (via/sumber sindonews).

loading...