Angkasa Pura 2

Bandara Nop Goliat Dekai Jamin Peningkatan Konektivitas ‎Wilayah Papua

BandaraSenin, 17 Oktober 2016
WhatsApp Image 2016-10-17 at 18.12.49 (1)

JAKARTA (beritatrans.com) – Bandara Nop Goliat Dekai‎, Yahukimo, Papua, disiapkan untuk permudah konektivitas di wilayah-wilayah Papua.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menyebutkan, bandara Dekai membuka titik konsentrasi penyebaran logistik dan penumpang.

“Dari sebelumnya hanya bertumpu pada bandara Sentani dan Wamena, kini ada alternatif pilihan bandaranya,” kata ‎Bambang di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Dari bandara Dekai menurut Bambang, diselenggarakan ‎rute perintis dari Yahukimo ke Wamena. Sedangkan dari Wamena, sudah diselenggarakan penerbangan rute perintis udara menuju kota Elelim, Karubaga, Mamit, Tiam, Kobagma, Mug, Mapenduma, dan Kenyam.‎

‎Pada tahun 2017, Kemhub dikatakan Bambang akan membuka rute perintis udara dari Wamena menuju kota Sobaham, Kuyawage, Bokondini, Mulia.

‎”Selain program perintis udara yaitu dengan tol udara, Kemhub juga telah melakukan integrasi tol udara dan tol laut yang menghubungkan Timika-Agast dan dilanjutkan dengan rute short sea shipping yang menghubungkan Mamugu-Agast,” papar Bambang.

‎Dengan integrasi tersebut, Bambang menambahkan, diharapkan ketersediaan transportasi penumpang dan logistik akan lebih meningkat lagi, sehingga dapat menekan disparitas harga di wilayah setempat.

‎”Direncanakan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meresmikan bandara Dekai besok (18/10/2016),” ungkap Bambang. (omy)