Angkasa Pura 2

Djoko: Daerah Butuh Subsidi Penyelenggaraan Angkutan Bus

KoridorSenin, 17 Oktober 2016
IMG_20161016_141200

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengungkapkan bahwa daerah masih membutuhkan subsidi pemerintah untuk penyelengaraan angkutan bus.

“Saat ini pemerintah masih sebatas memberikan bantuan bus, belum berikan subsidi operasional bus,” ungkap Djoko kepada beritatrans.com, Senin (17/10/2016).

Menurut Djoko, menjelang dua tahun pemerintahan Joko Widodo-JK, pada sektor transportasi memang banyak perkembangan. Namun pada sektor transportasi darat di daerah, terutama pada daerah-daerah perbatasan, masih minim.

“Perlu percepatan Perpres PSO atau subsidi operasional bus di daerah, seperti KA Ekonomi dan KA Perkotaan yang sudah dapat subsidi,” ungkap Djoko.

Dia juga menyoroti pembenahan sistem kelembagaan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kelola transportasi umum di daerah masih sangat kurang.

“Ini perlu mendapat perhatian, agar karya di bidang transportasi umum khususnya darat juga terlihat pada pemerintahan ini,” kata Djoko.

Djoko menilai, untuk transportasi laut, kereta api, dan udara, sudah semakin terlihat hasil kerja pemerintahan Jokowi ini.

Misalnya saja, kata Djoko penyelesaian pembangunan bandara-bandara dan pelabuhan. Pengembangan sektor perkeretaapian dan perbaikan sarana prasarananya. (omy)

loading...