Angkasa Pura 2

Dukung Program Poros Maritim, STIP Didik Putra Daerah Menjadi SDM Pelaut

Dermaga SDMSenin, 17 Oktober 2016
Pranyoto1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mendukung progra, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merealisasi Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia. STIP memberikan pendidikan dan latihan (diklat) pada putra daerah, khususnya dari Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu untuk menjadi SDM pelaut.

“STIP Mendidik putra daerah luus SMP yang belum bekerja dan siap menjadi pelaut, melalui program pendidikan dan latihan (diklat) calon pelaut. Nanti totalnya ada 306 orang yang akan mengikuti diklat di STIP Jakarta dan mereka disiapkan menjadi pelaut,” kata Ketua STIP Jakarta Pranyoto, S.Pi, MAP usai pembukaan Diklat Calon pelaut di STIP, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Untuk tahap pertama, ada 138 orang yang lolos seleksi adminitrasi dan kesehatan dan mulai menjalani diklat ini. Mereka berasal dari Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. “Pada gelombang kedua nanti, akan masuk putra-putri dari lima kelurahan di Kepulauan Seribu akan menjalani diklat serupa di STIP Jakarta ini,” jelas Pranyoto didampingi Humas STIP Jakarta Nancy Lubanbatu.

Pemerintah khususnya STIP Jakarta juga telah menjalin kerja sama dengan DPP INSA. Mereka nanti akan siap menampung dan mempekerjakan putra daerah setelah selesai menjalani diklat calon pelaut di STIP ini. “Jadi, setelah diklat selesai, mereka diharapkan bisa langsung bekerja di kapal sebagai pelaut,” sebut Pranyoto.

Program diklat calon pelaut ini, menurut Pranyoto, diharapkan menjadi solusi jitu untuk menekan angka pengangguran sekaligus memberdayakan putra daerah menjadi insan transportasi, khususnya pelaut.

“Masyarakat Jakarta Utara khususnya Marunda, Cilincing banyak menjadi nelayan. Paling tidak, mereka mencari nafkah dengan usaha terkait maritim dan pelabuhan. Ke depan, mereka akan dididik dan dipersiapkan menjadi pelaut yang sebenarnya,” kilah Pranyoto.

Pranyoto Diklat1

CSR STIP Jakarta

Di tempat yang sama, Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan STIP Capt. Sukirno, M.Mar mengatakan, program diklat calon pelaut di STIP ini akan mendidik dari awal putra daerah Jakarta Utara menjadi pelaut. Mereka kebanyakan masih awam, dan belum pernah bekerja di atas kapal.

“Melalui diklat calon pelaut ini, mereka akan dididik dan dibekali berbagai kompetensi sebagai pelaut, mulai BST, AFF, SAT dan Rating Forming. Selain itu, mereka nanti akan mendapatkan buku pelaut dari Syahbandar sehingga bisa langsung bekerja sebagai pelaut di atas kapal,” papar Sukirno.

“Jika mereka dididik dan dibekali kemampuan praktis sebagai pelaut, dan mereka bisa bekerja di atas kapal. Dengan begitu pengangguran berkurang dan mereka bisa bekerja dan memperoleh hasil yang cukup untuk membiayai hidupnya,” tukas Sukirno.

Dan yang pasti, tambah dia, diklat calon pelaut di STIP tahun 2016 ini dibiayai dengan dana STIP sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Program tersebut sebagai bagian dari CSR (corporate social responsibelity) khususnya bagi warga sekitar Kamus STIP Jakarta,” tegas Sukirno.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari