Angkasa Pura 2

Pertamina Siap Realisasikan Program BBM Satu Harga Di Indonesia

Dermaga Ekonomi & Bisnis Energi KoridorSelasa, 18 Oktober 2016
Dwi Sutjiptoo

JAKARTA (Beritatrans.com) – Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto menyatakan pihaknya siap merealisasikan Program BBM Satu harga. Kebijakan ini merupakan bagian dari kontribusi Pertamina yang mendapatkan mandat dari pemerintah dalam mendistribusikan BBM di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk wilayah Papua dan Papua Barat serta daerah terluar Indonesia lainnya.

“Manajemen Pertamina siap merealisasikan program Presiden Jokowi untuk pemerataan dan keadilan harga BBM di seluruh Tanah Air itu,” kata Dwi seperti dikuti laman pertamina.com, Selasa (18/10/2016).

Sekarang Harga BBM 8 Kabupaten di Papua sudah sesuai dengan KEPMEN ESDM No 7174 Tahun 2016, berlaku mulai 1 Oktober, untuk setiap liternya; Minyak Tanah Rp.2.500, per liter Minyak Solar Rp5.150, per liter dan Premium Rp6.450, per liter.

Untuk merelalisaskan program tersebut, Pertamina berupaya menggunakan berbagai moda transportasi baik darat, laut maupun udara guna mendukung program pemerintah agar masyarakat di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal bisa mendapatkan BBM dengan harga sama dengan daerah lainnya.

“Pertamina selalu Komit dengan Program yang dicanangkan Pemerintah, “at any Cost” pasti kita sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah akan menanggung biayanya,” jelas Dwi.

Instruksi Presiden

Presiden Jokowi menginstruksikan kebijakan “BBM Satu Harga” sehingga masyarakat Papua dapat menikmati BBM dengan harga sama dengan wilayah lainnya.

Pertamina merespons cepat instruksi tersebut dengan beberapa langkah; pertama, mendatangkan pesawat khusus, Air Tractor fasilitasi Pelita Air Service anak usaha dari Pertamina yang merupakan best practise dalam pengiriman BBM via udara sebagai moda khusus yang dedicated menjaga ketahanan suplai agar harga terjangkau.

Kedua, menurut Dwi Sutjipto, Pertamina merealisasikan program BBM Satu Harga di Papua melalui pendirian lembaga penyalur Pertamina di 8 Kabupaten Pegunungan dan Pedalaman ( Puncak, Nduga, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Yalimo,Tolikara, Intan Jaya dan Pegunungan Arfak).

“Alhamdulillah, sekarang masyarakat di Papua sudah bisa menikmati harga BBM yang sama dengan daerah yang lain di Indonesia, sehingga kedepannya diharapkan mampu mempercepat laju perekonomian disini. Saya mengapresiasi kerja cepat Pertamina dan Pemerintah daerah yang sudah berupaya keras mendukung upaya kebijakan BBM Satu Harga,” tandas Presiden Jokowi.(helmi)

loading...