Angkasa Pura 2

BP2IP Barombong Teken Kerja Sama Diklat Dengan 20 SMK Pelayaran

SDMRabu, 19 Oktober 2016
Barombong Mou SMK1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong bekerja sama di bidamng pendidikand an latian (diklat) kepelautan dengan 20 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Nota kesepakatan kerja sama antara BP2IP Barombong dan SMK pelayaran itu diteken Kepala BP2IP Barombong H.Irwan, MT, M.Mar.E, M.Pd didampingi Kabag Umum BP2IP Barombong Capt. Mustamin Latif, M.Mar. Nota kerja sama diklat dengan ditadatangani seluruh Kepala SMK Pelayaran dihadapan pimpinan BP2IP Barombong, di Makassar, kemarin.

Dalam kerja sama tersebut, lanjut Irwan, para siswa SMK Pelayaran di Sulsel bisa menggunakan fasilitas dan peralatan baik simulator, laboratium dan peralatan diklat lainnya di BP2I Barombong.

Kampus pelaut di lingkungan BPSDM Perhubungan itu juga akan bertindak sebagai pembina sekaligus memberikan supervisi dan masukan untuk pembinaan dan perbaikan proses belajar mengajar di SMK Pelayaram dimaksud.

Melalui cara tersebut, kata H.Irwan, kualitas lulusan SMK Pelayaran di Sulses semakin baik. Kemampuan teknis pelayaran serta kualitas lulusan SMK Pelayaran makin baik dan terpercaya. “Mereka bisa melakukan ujian dan langsung dibina dan diawasi oleh pihak BP2IP Barombong,” jelas mantan KKM itu lagi.

Barombong MoU SMK2

Alumni PIP Makassar ini menambahkan, kini saatnya meningkatkan kualitas diklat sekolah-sekolah pelayaran di Tanah Air. SMK Pelayaran yang dikelola lembaga atau yayasan pendidikan swasta makin baik dan sesuai standar pelaut kelas dunia.

“Dalam kerja sama ini, BP2IP Barombong aktif membina dan ikut mengawasi proses diklat terutama saat ujian kompetensi pelaut di fasilitas diklat milik BP2IP Barombong,” papat H.Irwan.

Seperti diketahui, belakangan makin banyak sekolah pelayaran termasuk di tingkat SMK Pelayaran. Namun begitu, kualitas lulusan dan ijazah mereka harus terus ditingkatkan sehingga mereka diakui dan bisa bekerja sebagai pelaut di atas kapal.

“BP2IP Barombong sebagai kepanjangan tangan Pemerintah ikut membina dan memfasilitasi pelaksanaan diklat dan ujian kompetensi pelaut di sekolah pelaut seperti SMK pelayaran di Tanah Air khususnya Suawesi Selatan makin baik dan diakui secara international,” tegas H.Irwan.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari