Angkasa Pura 2

3 Kapal Tol Laut Pelni Selalu Penuh Muatan Dari Pelabuhan Tanjung Perak

DermagaJumat, 21 Oktober 2016
images (22)

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Program Tol Laut yang dicanangkan pemerintah pusat mendapat sambutan yang cukup tinggi di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Tiga kapal laut yang dioperasionalkan melalui PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Surabaya, diketahui selalu penuh saat berangkat ke tiga rute yang ditentukan.

Presda Simangasing, Kepala Kantor PT Pelni Surabaya, saat ditemui tribunnews, kemarin, mengutarakan antusias pengusaha untuk memanfaatkan program tol laut sangat tinggi.

Permintaanya cukup besar. Tiga kapal, saat ini sedang berlayar ke tiga rute yang sudah ditentukan dengan muatan yang maksimal,” kata Presda.

Ketiga kapal, adalah Kapal Motor (KM) Freedom, KM Mentari Perdana, dan KM Caraka Jaya Niaga III-22. Untuk masing-masing rute, KM Freedom, meliputi Tanjung Perak – Wanci – Namlea – Fak Fak – Kaimana – Timika, pulang – pergi (PP).

Kemudian rute KM Mentari Perdana, memiliki rute dari Pelabuhan Tanjung Perak – Kalabahi- Moa – Saumlaki – Dobo – Merauke (PP).

Sedangkan KM Caraka Jaya Niaga III – 22, mendapat penugasan untuk rute dari Pelabuhan Tanjung Perak – Larantuka- Lewoleba – Rote – Sabu –Waingapu (PP).

Kapasitas masing-masing kapal mencapai 171 boks, 181 boks dan 105 boks peti kemas (kontainer) berukuran 20 feet. “Karena minat yang banyak, malah KM Mentari Perdana pernah membawa 185 boks,” jelas Presda.

Tiga kapal tersebut telah berlayar sejak Minggu 16 Oktober 2016 dan akan kembali 28 hari kemudian. (della).