Angkasa Pura 2

4 Pesawat Tempur & Armada Perang Inggris Dekati Kapal Induk Rusia

Dermaga KokpitMinggu, 23 Oktober 2016
eb0abd58e9fecff7dd66ebb86f212c10

LONDON (BeritaTrans.com) – Dua pesawat jet Inggris terbang di atas kapal induk Rusia Admiral Kuznetzov saat melintas Selat Inggris. Kapal induk Rusia, bersama tujuh kapal lainnya, diketahui tengah melakukan perjalanan menuru Mediterania.

Dua pesawat tempur milik Inggris tersebut terbang untuk mengambil gambar kapal induk dan tujuh kapal yang menyertainya. “Mereka akan mengambil foto high definition sehingga kita bisa menganalisa apa yang ada di kapal,” kata sumber pertahanan Inggris sembari menambahkan salah satu tujuannya adalah mengetahui rendah dan tingginya kapal di dalam air seperti dikutip dari Russia Today dan sindonews, Minggu (23/10/2016).

Surat kabar Inggris melaporkan bahwa armada kapal perang Rusia nantinya akan ambil bagian dalam misi anti teroris Rusia di Suriah, meskipun belum ada konfirmasi tersebut baik pemerintah Rusia maupun pihak militer.

Kapal perang Inggris, HMS Richmond, mengawal armada kapal Rusia tersebut mulai dari Laut Norwegia. Sementara HMS Duncan, kapal perusak Tipe 34, berangkat dari Portsmouth pada 18 Oktober untuk mengawasi armada kapal perang tersebut.

Meskipun menyebabkan kegemparan di antara beberapa negara NATO, sekretaris jenderal aliansi Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Angkatan Laut Rusia bebas untuk beroperasi di perairan internasional. (ani).