Angkasa Pura 2

Drs. Sugianto, MM: STIP Jakarta Efektifkan Program CSR Ke Masyarakat

SDMMinggu, 23 Oktober 2016
Sugianto - Nancy

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran (STIP) Jakarta terus meningkatkan dan mengefektifkan program pengabdian ke masyarakat, khususnya untuk warga sekitar kampus dan Jakarta Utara pada umumnya. Program ini menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi STIP Jakarta.

“Dalam program CSR tahun 2016, STIP siap mendidik 306 putra Jakarta Utara dan Kepalauan Seribu menjadi calon pelaut. Mereka akan mengikuti diklat gratis di STIP Jakarta sampai mereka memperoleh Buku Pelaut,” kata Kapus Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIP Drs. Sugianto, MM menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (22/10/2016).

Untuk gelombang pertama, masuk diklat 124 orang dari Kelurahan Marunda Jakarta Utara. Mereka sudah masuk diklat dan sekarang sudah mengikuti pelatian di STIP mengenai basic safety training (BST). “Selain itu, mereka juga akan memperoleh pelatihan mengenai AFF, SAT SDSM dsn Rating Forming, sebelum memperoleh Buku Pelaut,” jelas Sugainto.

Mulai pekan depan, menurut dia, akan segera dimulai diklat CSR calon pelaut gelombang kedua dan ketiga. Mereka berasal dari daerah Cilincing, Koja, Kebon Bawang, Tanjung Priokn dan wilayah Jakarta Utara lainnya.

“Semua diklat itu bisa diikuti dengan cuma-cuma alias gratis dan mereka akan difasilitasi untuk bekerja sebagai pelaut,” papar Sugianto.

Setiap tahun, tambah dia, STIP Jakarta rutin memberikan pelatihan dan pembekalan kepada warga Jakarta Utara. “Berbagai jenis ketrampilan diberikan, seperti bengkel las, bengkel perkapalan, BST dan lainnya,” terang Sugainto.

“Untuk tahun 2016 ini, STIP kembali mendapatkan tugas mendiklat putra Jakarta sebagai calon pelaut dengan biaya dana BLU STIP Jakarta,” tegas Sugianto.(helmi)

loading...