Angkasa Pura 2

Begini Cara STIP Mendidik Dan Menyiapkan Taruna OP Plus Menjadi Pelaut Unggul

SDMSenin, 24 Oktober 2016
Taruna OP1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Taruna Officer Plus (OP Plus) di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sudah dilibatkan sejak untuk dalam berbagai bentuk pelayanan ke masyarakat. Tapi, jadwal perkuliahan di kelas tetap optimal.

Mereka dibiasakan untuk menjadi insan transportasi yang professional, tapi juga mempunyai jiwa atau budaya melayani yang baik. Calon aparatur spil negara (ASN) tetap harus professional, terlatih dan bisa melayani dengan baik.

Dalam acara pembukaan Diklat Calon Pelaut Program CSR, Pelantikan Perwira atau serah terima jabatan Ketua STIP Jakarta yang dilakukan di Kampus Pelaut ternama itu, mereka sudah dilibatkan secara langsung.

Data yang dihimpin Beritatrans.com menyebutkan, awalnya ada 90 taruna OP Plus yang belajar di STIP Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Para taruna OP Plus banyak dilibatkan dalam setiap cara. Baik sebagai petugas upacara, front liner dan petugas lainnya yang terlibat langsung dalam setiap acara di kampus itu.

Taruna OP3

Ketua STIP Jakarta Capt. Weku Frederik Karuntu, MM mengatakan, taruna OP memang harus dipersiapkan sejak awal menjadi sosok pelayanan yang terbaik. Apalagi, mereka mendapatkan beasiswa penuh dari negara dan dipersiapkan untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Sejak awal mereka harus dilatih begitu, seperti saat pembentukan OP-60 yang didik di BP2IP Tangerang dulu. Mereka sejak awal juga dilibatkan untuk ikut melayani masyarakat,” papar Weku menjawab beritatrans.com, kemarin.

Saat mereka lulus dan harus menjalani masa Ikatan Dinas, minimal dua kali masa studi mereka, di instansi pemerintah di Tanah Air, menurut Weku tidak canggung.

“Begitu lulus, mereka sudah siap mengabdi dengan ketrampilan baik dan bisa melayani masyarakat dengan optimal,” tegas Weku.(helmi)

Taruna OP2