Angkasa Pura 2

Multi Terminal Indonesia Ikut Berperan Layani Tol Laut Logistik

DermagaRabu, 26 Oktober 2016
images (10)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Multi Terminal Indonesia (MTI), anak perusahaan Pelindo II, berperan sebagai operator cargodoring, konsolidator, pergudangan dan distribusi pada layanan Tol Laut Logistik Nusantara.

Hal itu diungkapkan Dirut PT MTI Tony Hajar usai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan perdana kapal tol laut logistik di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (25/10/2016).

Tol Laut Logistik merupakan program yang digagas Kemhub dengan skema kerjasama sinergi BUMN meliputi PT Pelindo II dengan anak perusahaan PT. MTI, PT Pelni dengan anak Perusahaan PT Pelni Logistik dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) serta PT Perikanan Nusantara.

Direktur Utama PT MTI, Tony Hajar, mengatakan nantinya semua layanan yang dilakukan oleh keempat BUMN/anak perusahaan ini akan terintegrasi dengan infrastruktur di darat dan di laut.

“Kita semua akan berupaya maksimal agar harga-harga dan biaya transportasi menjadi lebih murah dari kondisi sebelumnya”, kata Tony.

Kepulauan Natuna memiliki potensi ekonomi yang sangat besar seperti hasil tangkapan laut (ikan), hasil tambang dan produk pertanian serta perkebunan.

Untuk merealisasikan layanan Tol Laut Logistik ini, masing-masing BUMN berkontribusi sesuai dengan bidang yang menjadi tangungjawabnya.

PT Pelindo II melalui anak perusahannya PT MTI berperan
sebagai operator pada kegiatan cargodoring, konsolidator, pergudangan, dan distribusi,

Sedangkan PT Rajawali Nusantara Indonesia akan berperan sebagai distributor kebutuhan bahan pokok yang akan dikirim ke Natuna.

Sementara PT Perikanan akan menyediakan muatan hasil perikanan dari Natuna yang akan dibawa ke Tg. Priok. Untuk operator kapal akan menjadi tanggungjawab PT Pelni. (wilam)