Angkasa Pura 2

Ratusan Awak Mobil Tangki Komit Tetap Kerja l November 2016

Energi KoridorRabu, 26 Oktober 2016
Hendra AMT1

Ratusan Awak Mobil Tangki (AMT) berkomiten tidak akan melakukan mogok kerja pada tanggal l November 2016 mendatang. Mereka menyampaikan kebulatan tekad untuk tetap bekerja karena penghasilan mereka disana.

“Kita berkomitmen tak akan demo atau mogok kerja. Kita ini pekerja yang harus mencari nafkah untuk keluarga. Kalau tak bekerja, bagaimana kasih umpan mereka,” kata Hendra Setiadi, salah satu anggota AMT yang mewakili ratusan AMT lainnya kepada pers di Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Dikatakan Hendra, memang ada ajakan untuk demo atau mogok kerja tanggal l November 2016. Selasa pekan depan, AMT d=yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Transportasi Indonesi (FSBTI) akan melakukan mogok kerja di Depo Plumpang, Jakarta. “Namun kita akan tetap kerja sama. Kalau ada teman sesama AMT yang akan mogok kerja itu hak dia,” jelas Hendra.

Menurut putra Bandung itu, bekerja mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) jauh lebih penting dan bermanfaat bagi masyarakat. “BBM itu menyangkut hajat hidup orang banyak,” sebut Hendra.

“Jangan sampai BBM langka karena aksi pemogokan itu. Jika sampai terjadi bisa memicu masalah sosial di masyarakat dan itu merugikan termasuk orang kecil,” kilah Hendra yang kini bernaung di PT Sapta Sarana Sejahtera (SSS) itu.

Dari wilayah Bandung Jawa Barat, menurut Hendra, ada ratusan AMT yang akan tetap bekerja. Jika dibutuhkan, mereka bisa digerakkan ke Jakarta untuk mem-back up distribusi BBM dari depo Plumpang. “Semua ini kami lakukan karena tanggung jawab. Kami terikat kerja dengan PPN dan akan bekerja sesuai ketentuan yang ada,” kilah putra Sunda itu.

Depo plumpangg

Ada 1.200 AMT

Abdul Choir dari Bagian Operasional SSS mengatakan, saat ini ada sekitar 1.200 orang AMT yang dikelolanya dan menjadi mitra PT Pertamin Patra Niaga (PPN).

“Tadi siang sempat ada aksi oogok kerja sebagian anggota AMT di Depo Plumpang. Tapi tak sampai mengganggu distribusi BBM, karena masih banyak AMT yang tetap setia pada profesinya dan bekerja seperti biasa,” sebut dia.

“Mereka bertugas untuk mendistribusikan BBM dari Depo Plumpang ke sejumlah SPBU di DKI Jakarta sebagian Banten dan Jawa Barat khususnya Bekasi, Bogor dan Sukabumi,” kata Choir.

Dari data yang dihimpun, menurut Choir, jumlah AMT yang akan melakukan aksi mogok kerja itu bernaung di bawah Federasi Serikat Buruh Transportasi Indonesia (FSBTI).

“Tapi tidak semua AMT di SSS bergabung disana dan akan melakukan mogok kerja. Kami menjamin, lebih banyak AMT yang akan tetap bekerja,” papar Choir.

“SSS bersama ratusan AMT tetap komitmen untuk kerja dan melayani masyarakat. Pasokan BBM ke masyarakat menjadi prioritas kami ke masyarakat,” tegas Choir.(helmi)

loading...