Angkasa Pura 2

Perlu Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Untuk Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Bandara KokpitKamis, 27 Oktober 2016
budi karya1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai perlunya kerja sama dan koordinasi antara pusat dan daerah guna meningkatkan pelayanan dan keselamatan transportasi udara di Tanah Air. Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara selaku regulator penerbangan senantiasa melakukan koordinasi dan sinkronisasi untuk mendapatkan satu pemahaman yang sama dengan unsur aparat di daerah.

“Dengan demikian, Otoritas Bandar Udara sebagai perwakilan di daerah dapat menjalankan fungsinya sebagai pengatur, pengawas dan pengendali penerbangan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Menhub Budi Karya dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (26/10/2016) malam.

Dalam rangka pembinaan keamanan dan keselamatan penerbangan, lanjut dia, perlu ada kesatuan cara berpikir dan pemahaman yang sama seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kantor Otoritas Bandar Udara, Unit Penyelenggara Bandar Udara serta seluruh operator penyelenggara penerbangan.

“Semua pihak harus konsisten dalam melaksanakan regulasi baik nasional maupun internasional. Penyelenggaraan transportasi udara yang selamat dan aman merupakan keniscayaan dalam meningkatkan kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” jelas Menhub Budi Karya.

Masyarakat Makin Kritis

Dia menambahkan, akhir-akhir ini para pengguna jasa transportasi udara sudah sangat kritis dalam menyikapi kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia. “Setiap terjadi permasalahan yang terkait keamanan dan keselamatan di bidang transportasi udara, sudah pasti para pengguna jasa mempertanyakan kinerja Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kantor Otoritas Bandar Udara, serta kinerja para operator penerbangan,” sebut Menhub Budi Karya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara merupakan ujung tombak penyelenggaraan kebijakan di bidang penerbangan baik yang menyangkut pesawat udara, bandar udara, navigasi penerbangan dan keamanan penerbangan.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara harus memastikan pemenuhan terhadap peraturan-peraturan di bidang penerbangan melalui pengawasan yang ketat yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan,” tegas Menhub Budi Karya.(helmi)