Angkasa Pura 2

442 Catar Angkatan 59 STIP Jalani Long March Dan Jurit Malam 2016

SDMSabtu, 29 Oktober 2016
Jurit Malam1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Long March Dan Jurit Malam Calon Taruna (Catar) Angkatan 59 Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta digelar Jumlah (28/10/2016) sampai Sabtu (29/10/2016) dini hari. Acara ini merupakan rangkaian program Masa Dasar Pembentukan Karaktaer (Madatukar) itu diikuti sebanyak 442 orang Catar STIP Jakarta Angkatan 59.

Long March Catar STIP ini menempuh rute sepanjang 24 km dan dilepas langsung oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Weku Frederik Karuntu, MM di dampingi Kanit Bintar STIP Akhmad Khasan Gufron.

“Seluruh rangkaian acara Jurit Malam Catar STIP Angkatan 59 berjalan aman dan lancar. Seluruh peserta bisa mengikuti semua rangkaian acara mulai start di Kampus STIP Jakarta sampai kembali lagi ke Jalan Marunda Makmur No.1, Jakarta Utara,” kata Kanit Bintar AK.Gufron menjawab Beirtatrans.com di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, peserta Jurnit Malam STIP berangkat pukul 21.00 WIB dari Kampus STIP Jakarta. Pemberangkatan peserta Jurit Malam secara simbolis dilepas dan diberangkatkan oleh Ketua STIP Capt. Weku Frederik Karuntu, MM.

Dikatakan Gufron, Long March dan Jurit Malam ini merupakan puncak latihan kesamaptaan calon taruna, setelah diasuh dan dilatih selama kurang lebih dua bulan.

Jurit Malam2

Kegiatan diakhiri dengan pengambilan Wing Taruna STIP setelah melewati rintangan. “Semua itu harus dilalui catar untuk memastikan ketahanan fisik dan mental sebagai taruna muda,” tukas Gufron.‎

Dia menambakan, dalam rangkaian acara Long March dan Jurit Malam STIP itu melibatkan 500 personel. Mereka meliputi 442 orang catar dari tiga program studi (prodi) Nautika, Teknika dan KALK.

Selanjutnya, Instruktur STIP banyak 42 orang, Bintar 11 orang, Paswa 7 orang, Unit terkait 10 orang. Selain itu juga Resimen Taruna 25 orang, Tim Medis 3 orang, dokumentasi 2 orang, supir 3 orang dan anggota Polsek setempat 10 orang.

“Rangkaian acara Long March dan Jurit Malam ini melewati dua kecamatan yaitu Cilincing, Jakarta Utara, Medan Satria Bekasi Kota dan Taruma Negara, Kabupaten Bekasi. Setelah Posko Utara di Kampus STIP, seluruh peserta harus melalui tiga Pos dan harus menyelesaikan tugas disana,” tandas Gufron.(helmi)

kampus stip