Angkasa Pura 2

Kereta Jakarta-Surabaya Semi Cepat Ditargetkan Beroperasi 2019

EmplasemenSenin, 31 Oktober 2016
IMG_20161031_144052

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, dapat dioperasikan pada 2019.

Hal itu dilakukan untuk mempersingkat perjalanan yang selama ini masih cukup memakan waktu yakni 9-12 jam. Nantinya perjalanan dari Jakarta-Surabaya hanya ditempuh selama enam jam.

“Kita serahkan ke BPPT yang memiliki lab (laboratorium), tenaga ahli, dan pengalaman untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan,” jelas Menhub di Jakarta, Senin (31/10/2016).

Menurut Menhub, direalisasikannya kapal semi cepat (medium high speed) ini adalah untuk meningkatkan kemudahan mobilitas orang yang semakin tinggi.

Nantinya BPPT akan lakukan Feasibility Study (FS) agar terprogram dan lebih cepat. Diharapkan pelaksanaannya juga bisa segera agar bisa terealisasi sesuai target.

Kepala BPPT Unggul Prianto menambahkan, pihaknya akan mengkaji dan memberikan hasilnya kepada Kemhub.

“Mungkin nanti misalnya ada penebalan bantalan rel dan pengoperasian kereta menggunakan listrik,” kata Unggul.

Operasional kereta semi cepat itu menurut Unggul nantinya menggunakan jenis kereta baru dengan kemampuan lebih cepat dari yang sekarang, namun tetap di rel eksisting.

Seperti diketahui, direncanakan untuk kereta semi cepat ini berkemampuan tempuh 150 km/jam. Sedangkan saat ini maksimal kecepatannya 120 km/jam. (omy)

Artikel Berikutnya →