Angkasa Pura 2

Pesawat Kargo Rute Timika-Ilaga Dilaporkan Hilang Kontak ‎

Bandara KokpitSenin, 31 Oktober 2016
IMG-20161031-WA002

JAKARTA (beritatrans.com) – Pesawat Kargo milik operator Alfa Indonesia DHC4 PK-SWW rute Timika-Ilaga dilaporkan hilang kontak pada hari ini.

Menurut Kèpala Biro Komunikasi dan informasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, dari laporan sementara yang diterima pesawat take off 22.57 UTC dan seharusnya landing di Ilaga pukul 23.22 UTC.

Pesawat kargo tersebut, dipiloti Capt. Farhat Limi dengan FO R. Fendi Ardianto,‎ enginering Steven, dan FOO Andi Baringan.

‎”Pesawat PK-SWW melakukan first contact dengan Ilaga Radio pada Pukul 23.23 UTC, melaporkan posisi Ilaga Pass dan menyampaikan perkiraan tiba di Ilaga (WAYL) Pukul 23.27 UTC,” ungkap Bambang di Jakarta, Senin (31/10/2016).

Pada pukul 23.30 UTC dikatakan Bambang,  petugas Ilaga Radio mencoba memanggil PK-SWW namun tidak ada respon dicoba juga untuk minta bantuan kepada pesawat yang melintas di area Ilaga.

“Namun hingga pukul 00.20 UTC tidak ada informasi PK-SWW. Petugas AIS Airnav Sentani membantu untuk declared ALERFA,” ujar Bambang.

Selanjutnya pukul 23.22 UTC didapat informasi dari petugas TWR Timika (WAYY) bahwa diterima laporan dari pesawat menerima signal ELT pada posisi 40 NM – 45 NM R.060 TMK VOR (posisi antara Ilaga Pass dengan Jila Pass).

Koordinasi dengan pihak SAR dan perwakilan KNKT di Sentani sudah dilakukan terkait data pesawat PK-SWW,” kata Bambang.

Informasi lebih lanjut diterima dari Ka SATKER Mimika bahwa sudah dibentuk posko SAR di Lanud Timika.
Sementara masih diupayakan bantuan kepada pesawat pesawat yang melintas di area koordinat ELT untuk membantu pencarian lokasi pesawat.‎‎ (omy)