Angkasa Pura 2

Meski Awak Truk Tangki Mogok, Distribusi BBM Ke Jabodetabek Berjalan Normal

Ekonomi & Bisnis Energi KoridorSelasa, 1 November 2016
IMG_20161101_092758_edit

JAKARTA (Beritatrans.com) – Distribusi bahan bakar minyak (BBM) di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) berlangsung aman dan normal pada hari ini, Selasa (01/11/2016) sejak dini hari. 

PT Pertamina Patra Niaga, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola pendistribusian BBM di Jabodetabek, memastikan tidak ada kelangkaan BBM seperti yang sempat marak beredar di media sosial sejak akhir bulan Oktober lalu.
 
Sejak tadi pagi aksi mogok terjadi, dan melibatkan sejumlah kecil AMT (sekitar 60 – 100 orang) yang tergabung dalam Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia – Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (SBTPI-FBTPI).

Sementara AMT lainnya tetap bekerja normal seperti biasa, sehingga distribusi BBM ke wilayah Jabodetabek sampai saat ini berlangsung lancar.
 
Sepanjang hari ini, setiap Mobil Tanki yang keluar dari TBBM Plumpang dikawal oleh 1 orang tenaga keamanan, 1 orang Sopir, serta asisten untuk memastikan seluruh Mobil Tanki yang beroperasi dengan aman dan selamat kembali ke Depot.
 
Pantauan beritatrans.com di lapangan, distribusi BBM dari Depo Plumpang dilayani melalui Gate l. Disana sudah dijaga aparat keamanan, dan ratusan kendaraan truk tangki BBM keluar masuk mendistribusikan BBM ke sejumlah SPBU di daerah Jabodetabek.

Sementara, sekitar 100 AMT menggelar aksi mogok kerja di Gate 3 Depo Plumpang. Gate ini memang ditutup untuk umum, tapi distribusi BM bisa dilayani dari Gate I dengan aman dan lancar.

“PT Pertamina (Persero) bersama PT Pertamina Patra Niaga menyikapi isu-isu yang beredar dengan serius, terutama yang menyangkut ancaman terhadap kepentingan masyarakat seperti isu mogok para Awak Mobil Tanki (AMT) yang mengakibatkan terganggunya distribusi BBM,” papar Arsono Kuswardanu, VP Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga di Jakarta, Selasa.
 
Sebelumnya, menjelang akhir bulan Oktober, beredar isu di media sosial bahwa para AMT di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang PT Pertamina (Persero), Jakarta, akan melakukan aksi mogok kerja pada tanggal 01 November 2016 yang berpotensi mengakibatkan kelangkaan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) wilayah Jabodetabek.

Meski kemudian dapat diredam, namun beredarnya isu tersebut di media sosial dan media massa sempat menimbulkan pertanyaan dan keresahan bagi sebagian masyarakat. 

“Kami menyesalkan peredaran isu tersebut. Kami menghimbau agar masyarakat tetap kritis terhadap isu-isu yang beredar, serta yakin bahwa Pertamina Patra Niaga tidak akan membiarkan ancaman yang tidak bertanggung jawab seperti itu, yang akan mengganggu kepentingan vital masyarakat,” tegas  Arsono.(helmi)

loading...