Angkasa Pura 2

Pertamina Klaim Sudah Bayarkan Hak-Hak Normatif Pekerja

Energi KoridorSelasa, 1 November 2016
IMG_20161101_113418_edit

JAKARTA (Beritatrans.com) – Manager Humas PT Pertamina Patra Niaga (PTN) Bahtra Insan Tarigan mengatakan, pihaknya sudah memberikan hak-hak normatif karyawan, termasuk Awak Mobil Tangki (AMT) yang menjadi mitra kerja PTN.

“Kita mengikat kontrak kerja dengan PT Sapta Sarana Sejahtera (SSS), sebagai vendor penyediaan tenaga kerja AMT. Jadi Para AMT itu seharusnya minta penjelasan dan negosiasi dengan SSS lebih dulu,” kata Bahtra di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Terkait tuntutan pekerja termasuk penghapusan pekerja kontrak dan penghapusan pekerrja alih daya adalah sesuai UU Ketenagakerjaan.

UU tersebut mengatur dan memperbolehkan adanya sistem kerja kontrak dan alih daya tersebut. “Demikian juga soal hak-hak normatif pekerja sudah dibayarka Pertamina Patra Niaga sesuai atura UU yang berlaku,” jelas Bahtra.

Selama ini, menurut dia, PTN menandatangai kontrak dengan SSS dengan sistem penggajian dengan pola Performansi. Sistem ini memperhitungkan jam kerja, jarak tempuh, volume BBM yang didistribusikan dan jumlah rit yang ditempuh,” papar Bahtra.

“Dalam sistem tersebut, uang lembur sudah masuk dalam skema performansi tersebut. Kontrak kerja dengan SSS baru berjalan dua tahun. Sedang vendor penyedia tenaga kerja sebelum lain dan semua sudah dibayar sesuai norma dan perjanjian kerja sama yang ada,” tegas Bahtra.(helmi)

loading...