Angkasa Pura 2

Curi Perhatian Wisatawan Melalui Borobudur Marathon 2016

DestinasiSenin, 7 November 2016
IMG-20161107-WA028

JAKARTA – Mencuri perhatian wisatawan mancanegara sekaligus menarik untuk berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya, Kementerian Pariwisata mendukung Borobudur Marathon 2016 yang akan dilangsungkan 20 November 2016.‎

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pihaknya apresiasi terhadap penyelenggaraan Borobudur Marathon 2016  yang akan memberikan dampak langsung ekonomi (direct impact)  pada masyarakat, juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata‎ Jawa Tengah.  

“Candi Borobudur merupakan salah satu yang ditetapkan sebagai 10 destinasi prioritas atau menjadi “Bali Baru” dalam mendukung target kunjungan 20 juta wisman dan pergerakan 275 juta wisnus tahun 2019 mendatang,” kata Arief di Jakarta, Senin (7/11/2016). 

‎Arief mengemukakan, Borobudur perlu digencarkan promosinya antara lain melalui even sport  tourism seperti ini, sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisman ke destinasi yang ditargetkan sebanyak dua juta wisman pada 2019 itu.‎

Lebih lanjut, Arief membandingkan Borobudur dengan Angkor Wat Kamboja, meski sama-sama world heritage sites, namun sudah dikunjungi 2,5 juta sedangkan detinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko baru 471 ribu wisman dan lima juta wisnus. 

“Untuk  mengejar ketinggalan tersebut, pemerintah memperbaiki sistem manajemen yang semula single destination, multy management menjadi single destination, single management dengan membentuk Badan Otorita Borobudur ‎yang nantinya mencakup Sangiran, Karimun Jawa, Dieng, dan Joglo Semar,” katanya. 

‎Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebutkan, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2016 merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang, dan Bank Jateng  dengan PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), Pengprov PASI Jateng dan Pengda PASI Kabupaten Magelang.  

‎“Pada tahun ini selain ada kategori 10 kilometer, half marathon (21 km), full marathon (42,195 km), juga ultra marathon (120 km) serta ambasador dan celebrity run (tiga km) yang  akan diikuti para duta besar dan artis. Keseluruhan peserta Borobudur Marathon 2016 sekitar 20 ribu orang, termasuk dari mancanegara,  dengan total hadiah sebesar Rp4 miliar,” ungkap Ganjar.

Untuk ke Magelang, banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan, selain kendaraan pribadi. Seperti transportasi udara dengan memilih terbang ke Yogyakarta, Solo, atau Semarang.‎ Atau bisa juga menggunakan kereta api, dilanjutkan dengan bus menuju Candi Borobudur. (omy)

loading...