Angkasa Pura 2

Dorong Pariwisata Bali, Menhub Kembangkan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai

Dermaga Destinasi KoridorSelasa, 8 November 2016
budi-karya-nie-553x310

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengembangan Pelabuhan Padangbai di kabupaten Karangasem, Bali dapat menjadi salah satu pendorong meningkatnya sektor pariwisata di Bali.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Informasi yang diterima, Menhub Budi meninjau Pelabuhan Padangbai didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, dan wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa.

“Pelabuhan pariwisata harus terus dikembangkan, karena sektor ini yang menjadi tulang punggung provinsi Bali. Untuk itu kita harus segera menyelesaikan proses-proses agar pelabuhan ini dapat menjadi bagian dari peningkatan potensi pariwisata khususnya di kabupaten Karangasem,” jelas Menhub Budi.

Menhub menjelaskan, kelebihan volume lalu lintas di bali dapat mengurangi atau merugikan pariwisata. Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan upaya-upaya baru untuk menghindari hal itu.

Ia mengatakan, salah satu pengembangan yang dapat dilakukan adalah mengkaji rute-rute baru untuk meningkatkan pergerakan angkutan di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai, yang menjadi salah satu akses mobilitas penumpang maupun barang dari pulau Jawa, Nusa Tenggara dan sekitarnya menuju ke pulau Dewata itu.

“Untuk pelabuhan ini, kita akan lebih lakukan banyak reroute. Kalau untuk pengembangan kapasitas, saya pikir saat ini sudah cukup memadai,” imbuhnya. (aliy)