Angkasa Pura 2

147 Orang Peserta Selesaikan Diklat Calon Pelaut di Poltekpel Surabaya

SDMSabtu, 12 November 2016
Diklat Bawean Sepudi Poltek1

SURABAYA (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menggelar upacara penutupan diklat pemberdayaan masyarakat tahap I. Peserta diklat ini putra daerah yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur dan Pulau Sapudi, Sumenep, Madura.

Penutupan diklat dilakukan di Aula Kampus Poltekpel Surabaya, Sabtu (12/11/2016) jam 10.00 WIB. Penutupan diklat ini diikuti seluruh peserta diklat sebanyak 147 orang pemuda-pemudi khususnya lulusan SMP yang belum bekerja.

Penutupan diklat pemberdayaan masyarakat asal Pulau Bawean dan Pulau Sepudi itu dipimpin langsung oleh Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak, MM. IOkut mendampingi seluruh pejabat termasuk Kabag Adminsitrasi Akademik dan Keuangan Dr. Capt. Tri Cahyadi dan staf lainnya.

“Mereka sukses mengikuti rangkaian diklat dan dipersiapkan pelaut pelaut profesional. Diklat tersebut meliputi Diklat Basic Safety Training (SBT) AFF, dan SAT. Seluruh peserta diberikan sertifikan diklat dan Buku Pelaut, sebagai bekal untuk bekerja sebagai anak buah kapal (ABK),” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak, MM saat dihubungi Beritatrans.com, di Surabaya, Sabtu.

Diklat Bawean Sepudi Tricahyadi

Dikatakan, jumlah peserta 147 orang dinyatakan lulus dan mampu menyelesaikan diklat calon pelat sampai tuntas. Mereka itu terdiri dari warga Kepulauan Bawean Kab. Gresik dan Kepulauan Sapudi Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Dia menambahkan, dari 147 orang peserta diklat itu, termasuk enam orang peserta perumpuan. Mereka sudah mengikuti seleksi baik administrasi atau tes kesehatan bekerja sama dengan Pemda setempat.

“Akhirnya, semua bisa mengikuti proses diklat sampai selesai dan dinyatakan lulus dan berhak memperoleh sertifikat komptensi sesuai ketentuan yang berlaku. Kini mereka siap bekerja dan mampu bekerja sebagai pelaut di atas kapal komersial,” tandas Marihot.(helmi)