Angkasa Pura 2

PIP Semarang Gelar Exhibition on Maritime Education And Training Theaching Aids

Dermaga SDMKamis, 17 November 2016
Ilham pameran1

SEMARANG (Beritatrans.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar pameran Exhibiton on Maritime Education And Training Theaching Aids. Pemeran ini digelar disela-sela seminar International Conference on Maritime Education Training (ICMET) 2016.

Pameran dihelat di Ruang Rama Shinta Hotel Patra Jasa, selama sehari di Kota Atlas Semarang. Pemeran produk teknologi maritim dan alat bantu diklat ini merupakan bagian dari penyelenggaraan ICMET 2016.

Sementara, kegiatan ICMET sendiri diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri. Semua peserta hampir semua menyaksikan pameran bahkan mencari tahu mengenai aneka produk iptek kemaritiman dan alat bantu belajar tersebut.

Koordinator Pameran PIP Semarang Capt. Ilham Ashari, M.Mar mengatakan, pemeran diikuti beberapa peserta yang juga mitra strategis PIP Semarang. Pameran ini dimaksudkan untuk memberitahukan ke masyarakat khususnya dunia kepelautan mengenai aneka produk iptek terbaru di Tanah Air dan di dunia.

“Pameran yang merupakan rangkaian kegiatan ICMET 2016 yang diikuti empat perusahaan utama bidang iptek maritim, yaitu PT.Aman Rejeki Indonesia (ARI), PT. Multi Integra, Produsen simulator Transas, PT. Techno Multi Utama dengan salah satu produknya, ETO simulator dan CBT,” kata Ilham.

Selain itu hadir pula Bank BNI yang menjadi mitra PIP Semarang dan salah satu sponsorship acara ICMET 2016, selain PT Pertamina (Persero) dan beberapa perusahaan swasta dan BUMN itu.

Ilham menambahkan, PT Aman Rezeki Indonesia (ARI) merupakan salah satu mitra strategis PIP Semarang. Stand ARI ikut meramaikan pameran teknologi maritim PIP Semarang 2016.

“Produsen simulator asal India itu mempunyai produk yang sudah dikenal dan banyak digunakan banyak negara, termasuk di PIP Semarang,” jelas Ilham.

Ilham Pameran2

Resmikan Simulator DP

Salah satu kegiatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampungi Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo dan Direktur PIP Semarang Capt. Wisnu Handoko adalah meresmikan seminat ICMET 2016 dan Simulator Dinamic Positioning (DP) yang berlokasi di gedung Integreted Navigator Simulator (INS) PIP Semarang.

Dalam pameran tersebut, tambah Ilham, PT Multi Integra menampilkan produk simulator ship handling dengan teknologi mutakhir dari maker Transas.

Sementara ikut berpartisipasi dalam pamerana adalah perusahaan pelayaran nasional PT Karya Sumber Energi (PT.KSE) yang mengoperasikan ratusan kapal niaga dengan jenis kapal bulk carrier, tanker dan supply di Tanah Air dan dunia.

Dikatakan Ilham, kapal-kapal KSE melayani pengangkutan barang nasional maupun internasional dan mayoritas di awaki oleh pelaut-pelaut Indonesia yang profesional lulusan Diklat Pelayaran dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diklat Pelayaran BPSDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan (Kemhub), termasuk PIP Semarang.

Ilham dan Transas

Saat ini, pelayaran KSE menjadi mitra PIP semarang dalam penyerapan pangsa kerja pelaut dan penempatan praktik berlayar bagi kadet Praktik Layar (Prala) dari PIP Semarang.

“Mitra PIP Semarang lain yang ikut berpartisipasi dalam penempatan kadet adalah PT Pertamina shipping, PT.Bernard Schulte Management turut serta dalam mendukung suksesnya acara pameran dalam Rangkaian Kegiatan ICMET 2016,” tukas Ilham.‎

Pantauan beritatrans.com di Semarang, Kamis (17/11/2016) ikut hadir mendampingi Menhub Budi Karya pada peresmian Simulator DP PIP Semarang adalah Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo, Kapusbang SDM Perhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo dan Direktur PIP Semarang Capt. Wisnu Handoko.(helmi)

loading...