Angkasa Pura 2

6 Kapal Filipina Perampok Ikan Ditangkap, 37 ABK Ditahan

Dermaga Kelautan & PerikananMinggu, 20 November 2016
images (4)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak enam kapal ikan milik nelayan Filipina ditangkap kapal patroli gabungan Bakamla dan PSDKP Bitung di wilayah Laut Sulawesi. Selain kapal, 37 orang ABK ditahan.

Kapal-kapal nelayan asing jenis pumboat tersebut ditangkap oleh Kapal Pengawas (KP) Orca 003 dan KP Hiu 007 di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia ZEEI Laut Sulawesi, Jumat (18/11) sekitar pukul 15.00 Wita.

Setelah diperiksa petugas, kapal dengan alat tangkap jenis pancing tuna (hand line), beserta ABK langsung digiring ke pangkalan Bitung.

Sebanyak empat kapal masing-masing FB/CA Julei Jane, FB/CA Elyza, FB/CA Ian Jane, dan FB/CA Alvintroy ditangkap oleh KP Orca 003, sementara dua kapal FB/CA Jessa, dan FB/CA Romel ditangkap KP Hiu 007.

“Saat ini kapal-kapal tersebut tadi sore sudah tiba di Bitung bersama 37 orang anak buah kapal dan diproses lebih lanjut oleh PSDKP Bitung,” ujar Kabid Ops Zona Maritim Tengah Letkol Laut (E) Heriwansyah Putra Agam saat dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (19/11) malam.

Pihaknya sedang melaksanakan Operasi Penguatan Nusantra VIII/Bakamla secara gabungan dengan Kepolisian dan TNI AL. Kegiatan tersebut dalam rangka penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia. (ani).